Mengamankan dompet dan tabungan selama Jakarta Great Sale

,

Bagaimana cara mengalahkan godaan berbelanja saat musim obral tiba? Oleh Miranti Cahyaningtyas.

2602-WP-Decent-by-Sya-Photl

Acara tahunan bulan Juni-Juli, Festival Jakarta Great Sale (FJGS) digelar lagi. Festival paling dinanti oleh mereka yang hobi belanja ini sudah diadakan sejak tahun 1982 dalam rangka merayakan ulang tahun DKI Jakarta. Seperti halnya acara dengan bau-bau “sale” lainnya, tentu saja selain untuk memperingati ulang tahun ibu kota, FJGS juga menjadi ajang bagi para pedagang untuk menarik lebih banyak kosumen serta meraih lebih banyak penjualan dengan iming-iming potongan harga.

Apakah festival ini berbahaya bagi kesehatan dompet atau tabungan Anda? Bisa jadi demikian.

Untuk menghindari berbelanja berlebihan dalam musim-musim obral seperti ini, bekali diri Anda dengan cara-cara berikut:

1. Membuat perencanaan. Catat semua benda yang Anda butuhkan dan yang Anda inginkan dari jauh-jauh hari. Bersikaplah jujur kepada diri sendiri dalam mengkategorikan kebutuhan dan keinginan. Sebagai contoh, bisa jadi Anda butuh sepatu baru jika yang lama sudah jebol atau sempit. Atau di sisi lain, Anda ingin sepatu baru karena sudah bosan dengan yang lama atau karena Anda merasa berhak menghadiahi diri sendiri karena telah mencapai suatu prestasi yang membanggakan.

Setelah membuat pengelompokan di atas, mulailah menabung untuk hal-hal yang Anda prioritaskan dengan menyisihkan sejumlah uang secara rutin setelah dikurangi tagihan dan kebutuhan bulanan. Pastikan selalu berbelanja sesuai anggaran. Jika kemudian Anda membelanjakan tabungan tersebut dan masih bersisa, Anda bisa tetap menyimpan uang tersebut di rekening, membeli hadiah untuk orang terkasih atau beramal.

2. Berbelanja dengan emosi positif. Pergilah berbelanja saat suasana hati sedang baik. Ini membantu menjamin agar Anda tidak sekadar berbelanja untuk melampiaskan kesedihan, kemarahan, atau meningkatkan harga diri. Telitilah saat memilih dari tumpukan barang diskon dan jangan hanya terpaku pada potongan harga. Yang lebih penting, perhatikan manfaat dan kualitas barang yang Anda pilih.

Jika Anda sudah memiliki anggaran berbelanja yang cukup besar, tidak masalah untuk sedikit memanjakan diri. Jika tidak, ingatlah bahwa selalu masih ada kebutuhan lain yang benar-benar Anda harus penuhi esok hari. Anda tetap dapat bernapas dan hidup tanpa tas baru yang katanya diskon 50 persen itu, bukan?

3. Bijak menggunakan kartu kredit. Kartu kredit mungkin perlu dimiliki untuk keadaan yang sangat, sangat mendesak. Jakarta Great Sale tidak termasuk keadaan mendesak. Gunakan uang yang memang Anda miliki dan jangan pernah berpikir, “Mumpung ada potongan harga; masalah membayar bagaimana nanti”. Tinggalkan kartu kredit Anda di rumah jika pertahanan diri Anda masih lemah.

4. Gunakan akal sehat. Beberapa orang bisa lupa diri saat melihat tulisan “sale” super besar berwarna cerah. Jika Anda salah satunya, ada baiknya mengajak seseorang yang tidak terlalu suka berbelanja sebagai pengawal pribadi selama berbelanja. Tugaskan ia untuk mengingatkan bahwa Anda tidak perlu lebih dari tiga potong kemeja putih berpotongan sama dan mengatakan dengan jujur bahwa warna sepatu yang Anda pilih tidak cocok dengan warna kulit Anda. Sebagai bayarannya, traktir ia makan siang atau malam – semakin hemat pengeluaran Anda, semakin besar insentif yang sebaiknya Anda berikan padanya.

 

Jadi, sudah siap menjelajah Festival Jakarta Great Sale? Berhati-hatilah dengan bawaan Anda dan sekali lagi ingat: bijaklah berbelanja. Never shop till you drop!

Leave a Reply
Aquila Klasik