Modest Style

Kulit lembut dengan bantuan kaus kaki

,

Kulit pecah-pecah memang mengesalkan. Berikut ini salah satu trik mengatasinya, oleh Miranti Cahyaningtyas.

Gambar: iStock
Gambar: iStock

Terkadang, kesibukan membuat kita melupakan beberapa perawatan tubuh yang nampak sepele namun penting, seperti penggunaan pelembab kulit. Pemakaian pelembab pada kulit secara rutin penting untuk menjaga agar kulit tidak menjadi kering. Bukan saja tidak enak dilihat, dalam jangka panjang kulit kering juga dapat membuat kita terlihat menua dengan lebih cepat, selain juga membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan aneka produk dan pengaruh lingkungan. Bayangkan merasa gatal setiap saat Anda berada di tempat baru!

Saya pribadi bukan tipe orang yang rajin menggunakan pelembab di bagian tubuh lain selain wajah; itu pun hanya karena wajah saya adalah satu-satunya bagian tubuh yang langsung terpapar sinar matahari saat berkegiatan. Di pagi hari sebelum berkegiatan, saya tidak memakai pelembab karena tidak menyukai rasa licin pelembab di kulit. Di malam hari sebelum tidur, seringkali saya hanya ingin buru-buru melanjutkan membaca setelah mencuci muka dan menyikat gigi, sehingga merasa memakai lotion di seluruh bagian tubuh hanya membuang-buang waktu. Setelah membaca, saya akan terlalu mengantuk untuk melakukan hal lain selain melepas kacamata, menepuk-nepuk bantal, dan memejamkan mata.

Suatu kali saat sedang membersihkan kaki, saya baru menyadari bahwa kulit telapak kaki saya terasa kasar, dan bahkan pecah-pecah. Meskipun kemudian saya mengoleskan lotion tubuh dengan kandungan lidah buaya banyak-banyak selama berhari-hari, perawatan ini tidak memperlihatkan hasil yang cukup memuaskan. Kemudian saya mencoba mengenakan kaus kaki setelah menggunakan lotion, karena berpikir bahwa itulah yang dilakukan kapster salon untuk membuat krim meresap ke rambut saat creambath. Trik ini membuahkan hasil yang lebih baik, namun membutuhkan komitmen. Saya harus rajin memakai lotion dan mengenakan kaus kaki meski terasa panas.

Kemudian saya memutuskan mencoba hal baru. Saya oleskan baby oil di seluruh bagian kulit, terutama bagian kaki. Lalu, saya mengenakan kaus kaki. Meski rasa licin dan jejak yang ditinggalkan minyak terasa lebih menyebalkan daripada lotion, dengan senang hati saya katakan: Untuk masalah kulit kering, tidak ada yang lebih memuaskan daripada hasil yang ditunjukkan oleh percobaan ini.

Dalam semalam saja, kulit lengan saya yang sebelumnya super kering menjadi tampak kencang dan terasa halus. Begitu juga kulit di bagian tulang kering dan telapak kaki. Perawatan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun murni sebagai pengganti baby oil.

Selain pemakaian pelembab, Anda juga dapat menjaga kelembaban kulit dengan tidak mencuci atau mandi dengan sabun yang terlalu keras, tidak menggosok kulit terlalu kasar saat mandi, tidak mandi dengan air yang terlalu panas, dan minum kapsul vitamin E atau kapsul minyak ikan omega-3 jika perlu.

Selamat berlibur akhir pekan dengan kulit indah!

Leave a Reply
<Modest Style