Modest Style

Kerudung Sport Untuk Muslimah Aktif

,

Pacu denyut jantungmu dengan hadirnya kerudung yang dibuat khusus untuk berolahraga dan membentuk tubuh. Oleh Maryam Yusof.

picsSportsHijabs-sm1

Pernah ada satu masa dalam hidup saya,  kecintaan pada olahraga saya deklarasikan dengan gembira. Selagi belajar untuk ulangan atau meneliti catatan sejarah di sekolah, saya sering kali mengirimkan pesan singkat ke seorang teman mengatakan saya butuh ‘istirahat’.  Versi  ‘istirahat’  kami adalah: melakukan aktivitas panjat dinding selama sejam, berlari beberapa putaran di lapangan, atau melakukan beberapa hitungan pull-up sampai kami cukup puas untuk kembali menekuni buku.

Saya tidak tahu apakah ini hanya kemalasan, kurangnya waktu, atau karena saya tidak pernah lagi berolahraga sejak mulai berhijab (alasan saja, saya tahu itu!), tapi sekarang, mengikuti jenis olahraga apa pun jadi tampak merepotkan.

Akan tetapi,  Olimpiade baru-baru ini telah mengembalikan hasrat saya untuk melakukan sesuatu demi hidup lebih sehat dan aktif.  Menyaksikan atlet Olimpiade wanita ikut serta dalam kompetisi tersebut serta mendobrak batasan (dalam cabang olahraga mereka, dan di beberapa kasus, mendobrak budaya) sangat menginspirasi buat saya.

Jadi untuk diri sendiri, juga bagi sesama hijabis lain yang sedang mencari tutup kepala yang nyaman untuk dipakai berolahraga, inilah sejumlah pilihan di pasaran:

Capsters-sm

Capsters

Sebagai pilihan paling populer, selama beberapa waktu ini Capsters identik dengan kerudung sport. Produk ini dikenal berkat kualitasnya. Kebanyakan kerudung Capsters dibuat dari bahan velcro yang antirewel, menjanjikan kenyamanan bagi si pemakai. Bila dibutuhkan, kerudung ini pun dapat dengan cepat dibuka.

Kerudung sport Capsters ini tersedia dalam sejumlah model untuk berbagai jenis olahraga, dibuat dengan bahan yang ringan, tidak panas dan lentur, sangat nyaman untuk dikenakan. Menariknya, ada juga Capsters khusus untuk olahraga air dan musim dingin.

Satu kekurangan,  kerudung sport Capsters tidak menutupi wilayah dada, yang bagi saya penting apabila saya berolahraga lari. Untunglah, saya mendengar selentingan  ini segera dilengkapi dengan model yang menutupi dada.

www.capsters.com

Friniggi

Friniggi-sm

Merek atletik yang melayani kebutuhan wanita muslim ini berbasis di Bostwana. Friniggi didirikan ketika pemiliknya, Fatima, menyadari celah di pasaran untuk baju olahraga berdesain bagus, tertutup dan nyaman bagi wanita muslim berhijab yang aktif seperti dirinya. Dia kemudian dengan cermat mendesain produknya sendiri, berupa kerudung sport yang menutupi dada, untuk menjamin kenyamanan pemakainya.

Kerudung ini memang cocok juga untuk digunakan sehari-hari, apalagi tersedia dalam berbagai pilihan warna. Kerudung Friniggi punya 15 pilihan warna dan  tersedia dalam beberapa ukuran tertentu. Sekalipun mungkin pemilihan ukurannya sedikit membingungkan Fatima dengan senang hati akan membantu kita untuk memilih ukuran paling pas.

“Saya menginginkan kerudung yang memenuhi semua persyaratan kinerja untuk olahraga high-impact: menyerap keringat supaya kita tetap sejuk dan kering, tidak panas demi kenyamanan, dan ringan,” ujar Fatima. “Tapi syarat penting lainnya, tampilannya harus seperti kerudung biasa.”

www.friniggi.com

ResportOn

ResportOn-sm

ResportOn awalnya merupakan proyek kelulusan bagi desainer Elham Seyed Javad, yang ingin membuat kerudung fungsional, tidak ribet dan nyaman, terutama bagi atlet muslimah yang dikeluarkan dari kompetisi taekwondo lantaran kerudung mereka. Dia berusaha menciptakan model yang dapat menutup kepala tanpa si atlet harus sering membetulkan letak kerudungnya sehingga performanya tetap maksimal.

Jadilah dia mendesain ResportOn, semacam atasan bertudung tanpa lengan yang menjaga penutup kepala tetap di tempat.  Kerudung  sport yang satu ini ringan, menggunakan bahan yang cepat kering dan sangat nyaman dikenakan.  ResportOn cocok untuk olahraga yang memerlukan banyak gerakan dan tidak hanya terbatas untuk wanita muslim. Para atlet, termasuk atlet laki-laki, yang tidak mau rambut mengenai wajah  mereka saat berolahraga, juga menunjukkan minat kepada ResportOn. Model kerudung ini sempat muncul di Olimpiade, dipakai oleh Sarah Attar yang mewakili Saudi Arabia dalam nomor lari 800 meter. Variasi baru ResportOn yang terpisah dari atasan bertudungnya pun akan segera tersedia.

www.resporton.com

Queendom-Athetica-smAthletica Basics dari Queendom

Seperti varian hijab olahraga lain, Athletica Basics berkualitas tinggi, mudah dikenakan dan simpel. Menariknya, kerudung sport keluaran Queendom ini terbuat dari bambu dan katun organik, sehingga bahannya sejuk, menyerap keringat dan mampu menangkis sinar ultraviolet demi menjaga kesehatan kulit. Penyangga rambut di bagian dalamnya menjaga rambut supaya tidak mengenai leher.

www.queendom-hijabs.com

Berolahraga dengan Nyaman

Meskipun kerudung sport sudah tersedia di pasaran, sejumlah wanita muslim agaknya masih kesulitan untuk menemukan pakaian olahraga yang pas. Baru-baru ini saya mengunjungi sebuah rantai toko sport dan menyadari kaus lengan panjang yang tersedia masih sangat sedikit. Kaus-kaus lengan panjang yang dengan kebetulan sekali, saya temukan pun masih terbilang terlalu ketat untuk dipakai hijabis.

Saya perhatikan, banyak wanita muslim di daerah tempat tinggal saya mengenakan kaus ketat lengan panjang berbahan cepat kering dan melapisinya dengan kaus longgar, atau jaket olahraga, untuk menutup aurat dan tetap terlihat hebat. Memang jauh dari optimal, tapi bisa dicoba jika pilihan yang lebih baik tidak tersedia.

Saat berolahraga, kita juga dapat mengenakan kemeja katun longgar lengan panjang yang nyaman dari pusat-pusat perbelanjaan seperti Uniqlo atau Forever 21, walaupun mesti berkompromi karena bahannya tidak menyerap keringat. Jika Anda mengutamakan bahan yang sejuk, Friniggi khusus menyediakan atasan sport untuk wanita muslim.

Untungnya, banyak toko olahraga yang menjual celana panjang lari yang nyaman, dan merek favorit saya adalah Nike. Pilihan bahan mereka yang inovatif menjaga tubuh kita tetap tertutup tanpa melupakan kenyamanan.

Memudahkan Peralihan

Para produsen kerudung sport di pasaran mengeluarkan desain beragam, tapi mereka setidaknya sepakat atas dua hal: hijab tidak seharusnya menghalangi pemakainya dari berolahraga. Muslimah pun mesti banyak bergerak serta menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.

Masih ada kontroversi seputar olahragawati berhijab – FIFA 2007 yang melarang pemakaian kerudung (peraturan yang baru-baru ini dicabut), dan kasus Judoka Wodjan Shahrkhani dari Saudi Arabia, yang nyaris dilarang bertanding di Olimpiade, hanyalah dua contoh.

Jadi harapan saya, kerudung sport yang aman, nyaman dan berdesain cantik ini dapat mempermudah proses peralihan bagi asosiasi dan badan olahraga untuk sepenuhnya menerima atlet-atlet berhijab.  Jadi, mari keluar dan berolahraga! Seperti yang dikatakan pepatah lama, tidak ada waktu yang lebih  baik selain saat ini.

Leave a Reply
<Modest Style