Modest Style

Ingenious: Inspirasi Fesyen Jenius dari Up2date

,

Detil-detil ala Jepang dan unsur modernitas mewarnai koleksi terbaru label chic ini. Oleh Ashfi Qamara.

Hujan yang cukup deras melanda Jakarta dalam perjalanan saya menuju Hotel Mulia, Senayan pada hari Rabu, tanggal 8 Januari 2014. Saya menghadiri acara tahunan Up2date Trend Show 2014 yang bertemakan “Ingenious” dengan antusiasme tinggi. Mengingat tahun lalu di tempat yang sama Up2date menampilkan kreasinya dengan sangat sempurna dalam tema “Retrospection”, saya berharap tahun ini pun ada kejutan dalam koleksi terbaru label ini.

Sesuai dengan harapan saya, pertunjukan disajikan sesuai tema Ingenious yang merepresentasikan tiga kata untuk menggambarkan tren tahun 2014 menurut Up2date: in (terkini), genius (cerdas) dan gorgeous (menawan).

Selain tema yang menarik, konsep terinspirasi dari busana tradisonal Jepang yang juga diangkat dalam koleksi ini dapat terlihat dari penggunaan aksesoris obi atau sabuk Jepang, potongan kimono, hakama dan kerah jepang yang didesain dengan potongan yang lebih minimalis dan ringan untuk digunakan sehari-hari, maupun untuk acara formal dan pesta.

[Not a valid template]

Elemen lain dari konsep busana tradisional Jepang juga terlihat dari penggunaan warna dan desain asimetris pada pakaian gamis, rok, long vest, cardigan hingga evening dress.

Dari keseluruhan koleksi yang sangat dinamis ini bagian yang paling menarik menurut saya adalah jilbabnya. Pengkategorian dari keseluruhan koleksi ditandai dengan lima desain jilbab atau penutup kepala. Baik casual wear, busana semi formal, busana formal, gaun malam dan high-end dress, masing-masing memiliki bentuk jilbab yang sesuai dengan karakter setiap kategori. Sangat unik dan menarik karena setahu saya desain jilbab yang ditawarkan Up2date dalam koleksi ini tidak dapat ditemukan di tempat lain, sehingga pantas untuk menjadi signature head cover dari Up2date.

 

 

Leave a Reply
<Modest Style