Modest Style

Indonesia Islamic Fashion Fair 2013 Tampilkan Konsep Baru

,

Pameran tahunan untuk busana muslim di Indonesia kini kembali dengan konsep berbeda: lebih akbar dan tertata. Afia R Fitriati melaporkan.

WP-afia-indonesia-fashion-fair-sm

Semakin maraknya ajang fashion Islami di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu tolok ukur atas pesatnya pertumbuhan industri busana muslim di negara tersebut.

Salah satu ajang tersebut adalah acara tahunan Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF), yang akan diadakan  30 Mei hingga 2 Juni mendatang. Kali ini, IIFF akan digelar di kawasan konvensi internasional Jakarta Convention Centre. Kegiatan ini diselenggarakan Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC), kumpulan dari perancang busana Indonesia, asosiasi industri, instansi pemerintah, media dan entitas-entitas lain terkait fashion yang memiliki satu tujuan: mengembangkan potensi industri mode muslim di Indonesia.

Taruna K. Kusmayadi, Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) serta anggota IIFC mengatakan tema acara tahun ini adalah mengintegrasikan elemen tradisional Indonesia ke dalam berbagai rancangan busana muslim.

‘Kita perlu mengawinkan desain kontemporer dengan kekayaan lokal untuk membedakan karya kita dari busana muslim lain yang sudah ada di dunia,’ ujarnya seperti dikutip dari situs web IIFF.

Selama tiga tahun sebelumnya, IIFF diadakan di berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta. Akan tetapi, tahun ini skala penyelenggaraannya sudah terlalu akbar untuk digelar di mal. Acara berjudul Style Unlimited itu akan memperkenalkan empat zona niaga berbeda yang meliputi berbagai hal, mulai dari bahan baku hingga koleksi busana muslim karya perancang terkenal. Pameran akan diikuti oleh sekitar 150 label busana.

‘Kami akan menyediakan jumlah booth yang lebih banyak, para pesertanya juga lebih beragam,’ ujar desainer kawakan sekaligus ketua penyelenggara IIFF 2013, Irna Mutiara.

Selain pameran, IIFF juga akan menampilkan peragaan busana, talk show terkait industri mode Islami serta upacara penghargaan bagi para pemenang kompetisi desain busana muslim nasional.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web IIFF.

Leave a Reply
<Modest Style