Modest Style

Gaya Berkerudung untuk Lima Bentuk Wajah

,

Menemukan gaya berkerudung yang sesuai untuk bentuk wajah itu mudah. Dina Toki-O menunjukkan caranya.

“Semua bentuk muka memiliki gaya berkerudung yang sesuai... kecuali bagi yang bermuka datar”
“Semua bentuk muka memiliki gaya berkerudung yang sesuai… kecuali bagi yang bermuka datar”

Baru minggu lalu saya membuat video tentang gaya berkerudung yang sesuai dengan bentuk wajah.

Mengingat banyaknya ocehan melantur yang saya ucapkan di video itu, saya pikir sebaiknya saya mendedikasikan kolom minggu ini untuk merangkum kiat-kiat tersebut dengan lebih terstruktur – semoga jadi lebih jelas dan mudah dipahami.

Kita akan mulai dengan penamaan bentuk wajah yang paling umum: oval, lebar, bulat, persegi panjang, dan berbentuk hati. Saya tahu, penamaan bentuk-bentuk wajah ini mungkin terdengar ‘aneh’, dan kemungkinan besar kita tidak pernah memikirkannya sebelumnya. Jika memang demikian, Anda perlu menganalisis wajah Anda di cermin untuk menentukan bentuk wajah Anda setelah membaca artikel ini.

oval-face-sm-150x150Wajah Oval

Bentuk wajah ini dianggap oleh banyak orang sebagai bentuk yang ‘sempurna’. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, biarkan kerudung Anda jatuh secara alami ketika menatanya di sekitar wajah Anda. Jangan mengubah sesuatu terlalu banyak agar bentuk wajah oval Anda yang indah tetap… yah, oval. Ikuti saja garis wajah Anda selagi Anda membungkusnya dengan syal atau kerudung. Ingat: Anda tidak perlu melakukan penyesuaian untuk bentuk wajah yang satu ini, karena oval adalah ‘sempurna’!

rectangular-face-sm-150x150Wajah Lebar

Jika Anda kebetulan memiliki wajah yang lebar (yaitu, ukuran wajah Anda dari sisi ke sisi lebih panjang daripada dari dahi ke dagu), maka cobalah untuk memperpanjang wajah Anda sebisa mungkin. Sesuaikan proporsi wajah dengan syal. Pakai sisi syal atau kerudung sedikit di ujung alis Anda dan tariklah syal/kerudung hingga ke garis rambut. Secara otomatis, ini akan memperpanjang wajah. Kiat terbaik untuk penampilan ini adalah hindari menyembunyikan alis dan dahi Anda!

round-face-sm-150x150Wajah Bundar

Jika wajah Anda tipe ‘chipmunk’ dengan pipi montok dan dagu yang lebih bulat dari kebanyakan orang, Anda mungkin ingin menyamarkan pipi dan dagu sebisa-bisanya. Mungkin saja Anda memang menata hijab dengan menyelipkan pipi sebanyak mungkin di balik syal/kerudung untuk menyembunyikannya. Tapi cara ini malah akan membuat Anda terlihat seperti… well, chipmunk! Sebaiknya, biarkan syal/kerudung jatuh di sekitar pipi dan dagu dengan longgar, terutama gunakan dengan longgar di bawah dagu agar tidak terlalu menonjolkan dagu. Dengan menjepit syal/kerudung secara kendur, Anda akan menciptakan banyak lipatan dan tekstur di kerudung Anda. Pada akhirnya cara ini akan menyamarkan tepi-tepi wajah yang bulat dengan lebih alami ketimbang menjepitnya erat-erat.

square-face-sm-150x150Wajah Persegi

Nah, jika Anda memiliki wajah persegi dengan tulang rahang, pipi, dan dahi yang kuat dan jelas, (mirip dengan wajah para superhero di komik), kendurkan syal/kerudung di bawah dagu untuk menciptakan lipatan dan lambaian kerudung yang feminin. Kalau Anda menjepit erat syal bawah dagu, Anda hanya akan lebih menonjolkan bentuk rahang. Membingkai kerudung di sekitar dahi Anda dalam bentuk yang lebih bulat (tapi dengan menjaga agar dahi tetap terlihat) akan ‘mengovalkan’ wajah Anda secara keseluruhan!

heart-shape-face-sm-150x150Wajah Berbentuk Hati

Anda memiliki dahi lebar yang indah dan dagu yang kecil mungil sehingga mengesankan wajah seperti ‘burung tweety’. Menurut pendapat saya, ini adalah bentuk wajah yang cantik. Namun, kadang-kadang mungkin Anda bermasalah dengan dagu yang ‘menghilang’! Tidak perlu khawatir – untuk gaya berkerudung Anda, cobalah untuk tidak menambah terlalu banyak lipatan dan lapisan di bagian belakang dan samping kepala Anda, karena Anda sudah memiliki lebar yang alami. Ketika menjepit kerudung Anda di bawah dagu, bingkailah tepat di tepi rahang sehingga rahang/dagu tampak lebih menonjol. Ini akan menyeimbangkan proporsi wajah Anda. Kiat lain yang akan berhasil dengan baik adalah membuat puncak dengan syal/kerudung di bagian atas dahi – percayalah, hasilnya akan benar-benar bagus! Tapi, begitu pula dengan menampilkan seluruh dahi Anda. Jadi, silakan memilih gaya yang Anda sukai!

Itulah sedikit tip dari saya. Ingat, ada banyak variasi bentuk wajah dan tidak semua orang ada dalam satu kategori tertentu. Percaya diri akan membuat gaya berkerudung apa pun tampak oke!

Leave a Reply
<Modest Style