Modest Style

Fabulously Halal: Busana dan Aksesori Halal & Beretika

,

Semakin banyak konsumen yang melek informasi beralih ke produk fashion dan gaya hidup yang halal karena manfaatnya, termasuk kaum non-muslim. Patricea Chow-Capodieci merangkum beberapa merek gaya hidup halal, sebagian di antaranya bahkan telah menerapkan praktik beretika dan ramah lingkungan.

 

BUSANA DAN AKSESORIS

Dian Pelangi
Indonesia

Dian Pelangi, sang desainer
Dian Pelangi, sang desainer

Nama merek ini gabungan dari nama sang desainer muda, Dian Wahyu Utami yang berusia 19 tahun, dan kata ‘pelangi’ untuk mencerminkan warna-warni dalam desain gaun semata-kaki, celana jins, atasan, dan syal yang diproduksinya. Warna-warni cemerlang dan berani yang menjadi ciri khas merek ini berasal dari campuran 30 persen pewarna alami dan 70 persen pewarna kimia. Ini sebuah kemajuan dari perusahaan yang semula hanya menggunakan pewarna kimia. Perusahaan ini dimiliki oleh orangtua Dian dan memproduksi busana muslim dari cabang-cabangnya di Pekalongan (Jawa Tengah), Jakarta, Palembang (Sumatera Selatan), dan Medan (Sumatera Utara). Perusahaan ini memiliki lebih dari 500 karyawan yang semuanya dibayar di atas UMR, dan juga menyediakan akomodasi untuk pegawai pendatang (banyak pekerja di Indonesia yang meninggalkan desa mereka untuk bekerja di kota). Jam kerja perusahaan ini mengakomodasi waktu sholat, dan dukungan keagamaan lain yang disediakan perusahaan meliputi mushola dan pengajian untuk pekerja. Untuk informasi dan pemesanan, kunjungi halaman Facebook Dian, atau hubungi 62-285-4317-09.

ELENANY
Inggris Raya

elenany-600x425

Sarah Elenany baru berumur 25 tahun ketika ia meluncurkan merek Elenany pada tahun 2009. Merek ini berfokus pada pakaian luar yang mudah-pakai dan gaun-gaun jersey yang menampilkan grafis yang terinspirasi oleh seni dan budaya Islam. Target pasar utama Elenany adalah generasi muda yang menyukai busana sederhana. Muslimah desainer asal Inggris ini berkata, “Saya merenungkan apa artinya menjadi seorang muslim, kemudian menangkap esensi ini dalam grafis dan menerapkannya menjadi busana. Karena saya dibesarkan di London, estetika merek saya sangat diwarnai dengan sifat masyarakat perkotaan, tapi elemen inilah yang menarik bagi muslim dan non-muslim, dan membuat desain saya inklusif.”

Semua pakaian Elenany diproduksi di Inggris sesuai dengan pedoman ETI Base Code, yaitu peraturan internasional tentang praktik perburuhan yang berlaku untuk pekerja, baik migran maupun asli. Bahkan, seperti dinyatakan di situs web mereka: ‘Elenany peduli pada masyarakat. Kami percaya bahwa orang-orang yang membuat pakaian Elenany harus bekerja dalam lingkungan yang nyaman dan mendapatkan bayaran yang adil.” Meskipun Sarah mengakui tidak ada kebijakan lingkungan yang ketat di perusahaan miliknya, ia menyebutkan tidak mempertimbangkan tren saat merancang pakaian. “Jadi semoga pakaian kami bisa dikenakan dalam berbagai musim dan digunakan lebih lama, yang pada akhirnya berarti Anda membeli lebih sedikit dan menggunakan lebih sedikit bahan.” Saat ini tersedia empat koleksi untuk wanita dengan harga mulai dari US $40 untuk T-shirt. Karena produknya hanya tersedia melalui pre-order, butuh beberapa minggu bagi Elenany untuk mengadakannya. Oleh karena itu, pemesanan internasional dapat memakan waktu hingga empat minggu untuk pengiriman. Cek www.elenany.co.uk.

Lilyja
Israel

p26—fashionbeauty—style-guide—Lilyja-1-600x449p26—fashionbeauty—style-guide—Lilyja-2-150x150p26—fashionbeauty—style-guide—Lilyja-3-150x150

Lily Sharon, pemilik, desainer, dan satu-satunya pekerja Lilyja menciptakan untaian perhiasan yang terbuat dari perak, emas, batu semimulia, dan mutiara. Dalam proses menciptakan lini perhiasan buatan tangannya inilah lahir rangkaian perhiasan perak daur ulang. Ia menjelaskan, “Saya tak ingin membuang sumber daya apa pun, maka saya mengumpulkan semua bahan perak yang tersisa dalam menciptakan lini perhiasan buatan tangan dan membawanya ke studio seorang teman. Di sana semua bahan sisa ini dilebur kembali dan berguna lagi. Meskipun saya hanya menghemat beberapa gram perak di sana-sini, saya merasa sudah menyisakan sedikit perak di alam, sehingga bisa menyelamatkan tambang perak dunia.” Upaya sederhananya lahir dari pandangan bahwa ‘kita semua, manusia dan planet, berasal dari sumber yang sama, dan saling terhubung.’ Produk dari tokonya bisa dilihat di www.etsy.com/shop/lilyja meliputi jepit rambut (mulai dari US $18), anting (mulai dari US $20), cincin (mulai dari US $24), gelang (mulai dari US $24) dan kalung (mulai dari US $29).

Primo Moda
AS

p26—fashionbeauty—style-guide—Primo-moda-1-e1333772075797-600x992 (1)Zeena Altalib meluncurkan Primo Moda untuk memberikan ‘kesempatan pada perempuan dari semua lapisan masyarakat untuk berpakaian sopan dan gaya sambil tetap profesional dan aktif dalam kehidupan sehari-hari’. Pakaian, pakaian olahraga, pakaian renang, dan aksesori dari perusahaan ini diproduksi atau bersumber dari perusahaan grosir muslim beretika terpercaya di negara-negara muslim, setelah dikunjungi oleh perwakilan Primo Moda untuk memastikan bahwa perusahaan dijalankan dengan

Leave a Reply
<Modest Style