Modest Style

Cara-cara Sederhana untuk Cantik Alami

,

Dalam usaha mempercantik diri, kita mungkin telah memaparkan diri pada racun berbahaya. Fatimah Jackson-Best menawarkan alternatif yang lebih baik.

(Gambar: Photl)
(Gambar: Photl)

Saya terkejut saat mengetahui bahwa beberapa perempuan memberi tubuhnya 515 bahan kimia setiap hari, dan bahkan lebih terkejut saat tahu bahwa lebih dari 100 bahan tersebut adalah untuk wajah dan rambut.[i] Kebanyakan kita tidak memperhatikan kandungan dari segala sesuatu yang kita konsumsi, dan dalam usaha mempercantik diri, kita mungkin telah memaparkan diri pada racun berbahaya.

Kulit kita adalah organ yang menghirup dan menyerap apapun yang ada di sekeliling kita. Ini termasuk benda-benda menyehatkan seperti air dan cahaya matahari, namun juga racun-racun berbahaya. Hal yang sama berlaku pada rambut – yang kita beri pada rambut adalah yang memupuknya. Kita tidak dapat mengendalikan apa-apa saja yang ada pada udara sekitar kita, sehingga paling tidak hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kulit dan rambut kita adalah memberi bahan-bahan menyehatkan dan alami di bawah ini sebanyak mungkin. Tidak mudah, namun yang dibutuhkan untuk mendapat kulit dan rambut yang indah kemungkinan sudah tersedia di dalam lemari Anda.

Kulit

Memilih produk perawatan kulit perlu uji coba, karena apa yang cocok bagi seseorang belum tentu cocok bagi yang lain. Saat remaja, saya berjerawat dan mencoba berbagai produk yang disebut dapat melawan aau menghilangkan jerawat. Tidak ada yang berhasil – sebaliknya, kondisi kulit saya semakin parah. Kemungkinan besar karena berbagai bahan kimia dan campuran yang saya gunakan. Sebagai orang dewasa, saya akhirnya berhasil mengalahkan jerawat. Namun hal ini tidak didapat dengan bantuan berbagai produk yang saya gunakan. Saya hanya menyadari bahwa semakin sedikit saya mengurusinya, semakin baik kondisi kulit saya.

Sehabis menggunakan riasan seharian, saya mencuci muka dengan produk yang mengandung minyak daun teh (tea tree oil) yang memiliki komponen anti jamur alami. Selanjutnya saya menggunakan losion cokelat (cocoa butter) atau minyak kelapa alami untuk melembabkan. Namun biasanya saya mencuci muka dengan minyak. Ya, minyak.

Membersihkan dengan minyak adalah teknik tua yang menjaga kelembaban dan kelembutan kulit. Banyak pembersih yang kita gunakan justru menghilangkan minyak alami kulit yang menyebabkan kulit kering dan mudah bermasalah. Bahkan jika Anda memiliki kulit berminyak (seperti saya), membersihkan kulit dengan minyak akan cocok bagi Anda. Gunakan satu tetes minyak kacang badam atau kelapa murni dan pijat-pijatkan ke kulit muka lembab selama satu sampai dua menit. Kemudian bilas kulit Anda: pertama dengan air yang sangat hangat lalu dengan beberapa cipratan air dingin. Tepuk-tepuk muka Anda menggunakan handuk bersih dan rasakan betapa halus dan lembut kulit Anda.

Rambut

Saya juga penggemar perawatan rambut alami – dimulai dari sampo. Banyak dari kita terbiasa dengan sampo tradisional yang mengeluarkan busa yang diyakini berarti menghilangkan semua kotoran dan minyak di rambut. Padahal, banyak sampo yang menggunakan sulfat sehingga menghasilkan efek berbusa, yang sebenarnya membuat rambut kering dan kaku. Kabar baiknya, terdapat banyak merek sampo yang memiliki produk bebas sulfat yang jauh lebih baik.[ii] Produk jenis ini biasanya memiliki busa yang lebih sedikit. Anda mungkin butuh beberapa saat untuk terbiasa, namun Anda akan melihat perbedaan pada rambut Anda dengan cepat.

Bagi Anda yang ingin lebih serius soal perawatan rambut alami, saya menyarankan Anda menyingkirkan semua sampo. Selama satu setengah tahun terakhir ini saya menggunakan soda kue untuk mencuci rambut dan rambut saya tidak pernah seberkilau, sesehat, maupun sepanjang ini sebelumnya. Saya campurkan tiga sendok makan soda kue dengan 3/4 cangkir air di dalam botol semprot dan memijat-mijat campuran tadi ke kulit kepala karena di situlah kotoran dan minyak paling banyak berkumpul. Setelah dibilas, saya lanjutkan dengan memberi kondisioner berkualitas yang mengandung banyak bahan alami untuk melembabkan rambut.[iii] Saya menyelesaikan ritual ini dengan mengoleskan kombinasi minyak alami dan esensial untuk menjaga kilau dan wanginya.

Kecantikan dari dalam ke luar

Sebagai tambahan, apa yang kita makan dan minum juga adalah kunci kesehatan kulit dan rambut. Utamakan air dan minumlah sedikitnya delapan gelas setiap hari. Pola makan kaya buah, sayur, dan bahan bernutrisi lainnya membantu Anda tampil dan merasa hebat.

Tidak masalah untuk meninggalkan riasan dua hari dalam sepekan agar kulit dapat bernapas, dan jangan pernah tidur tanpa membersihkan riasan harian Anda. Yang paling penting, tersenyumlah dan selalu berpikir positif karena itulah bentuk kecantikan sejati dan paling tahan lama.

Resep Pelembab Rambut Alami

Bahan-bahan

  • 1/2 cangkir minyak kelapa murni
  • 1 sendok makan minyak kastor organik
  • 1 sendok makan minyak argan
  • 1 sendok makan minyak alpukat
  • 1 sendok makan minyak vitamin E
  • 1-2 tetes minyak pepermin atau lavender

Persiapan

Masukkan semua bahan ke dalam sebuah botol dan kocok sampai tercampur. Oleskan ke rambut yang lembab langsung setelah dicuci dan diberi kondisioner. Beri perhatian lebih pada ujung rambut karena di sinilah kerusakan dan kekusutan paling banyak terjadi. Keringkan dan tata rambut Anda seperti biasa.

 


[i] Maureen Rice, ‘Revealed… the 515 chemicals women put on their bodies every day’, Daily Mail, 21 Nov 2009, tersedia di sini
[ii] Tamara Floyd, ‘15 Sulfate-Free Shampoos’, Babble, 27 Jun 2013, tersedia di sini
[iii] Untuk contoh, lihat Aubrey Organics, tersedia di sini

Leave a Reply
<Modest Style