Modest Style

Aneka pilihan kosmetik halal di Indonesia

,

Beta Nisa memilihkan beberapa label kosmetik halal untuk Anda.

WP kosmetik halal

Jika selama ini hanya makanan yang kita anggap penting untuk memiliki label halal, kini tampaknya masyarakat mulai menyadari pentingnya konsep halal pada produk-produk lain, misalnya kosmetik. Hal ini ditandai dengan munculnya semakin banyak jenis kosmetik dan produk perawatan tubuh berlabel halal di Indonesia.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kosmetik halal, dan mengapa kosmetik perlu berstatus halal? Kosmetik halal ialah kosmetik yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan dan tidak tercampur dengan bahan-bahan yang haram dalam Islam, misalnya minyak babi, alkohol serta bahan-bahan hewani lainnya yang cara penanganannya tidak sesuai dengan ajaran Islam. Seperti halnya makanan, pengaplikasian kosmetik pada permukaan tubuh akan terserap oleh kulit dan pada akhirnya tercerna oleh sistem tubuhkita. Dengan demikian, bukankah mengawasi kosmetika yang kita pakai sama pentingnya dengan mengawasi makanan yang masuk ke dalam tubuh?

Saat ini, pilihan kosmetik halal di Indonesia sudah cukup beragam. Baru-baru ini muncul label kosmetik halal baru, yaitu Mazaya. Sekilas dari kemasan labelnya yang menggunakan huruf Arab, sudah tercermin kesan Islami yang ingin diusung. Selain itu, Mazaya juga menerapkan nilai Islami ke dalam sistem penjualannya dengan menyumbangkan uang sebesar dua ribu rupiah dari pembelian produk-produk Mazaya kepada kaum dhuafa.

Selain Mazaya, label-label kosmetik lain yang sudah kita kenal seperti Sariayu Martha Tilaar juga turut mengambil bagian dalam pasar kosmetik halal dengan diperolehnya sertifikasi halal oleh merek ini pada tahun 2012. Dan baru-baru ini, Sariayu juga telah meluncurkan lini produk khusus wanita berhijab, yaitu Sariayu Hijab Hair Care, yang semakin mempertegas keseriusan label ini dalam merangkul konsumen sadar syariah. Rangkaian Sariayu Hijab Hair Care terdiridari hair tonic lotion, sampo, conditioner dan hair mist. Dengan diluncurkannya lini produk ini, Sariayu mengklaim sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi produk perawatan rambut khusus bagi wanitaberhijab.

Kosmetik Wardah bulan lalu juga memperluas cakupan produk mereka dengan meluncurkan rangkaian produk dekoratif untuk mata, Eye Expert Series. Terdiridari eyeliner liquid dan gel, lini produk Wardah ini menjawab kebutuhan Muslimah Indonesia yang menginginkan eyeliner tahan air namun tetap halal dan bisa dipakai saat berwudhu, karena produk-produk Eye Expert Series bersifat breathable dan menyerap air.

Selain merek-merektersebut, sudah ada pula Ristra, Biokos, Caring Colors, Mustika Ratu dan beberapa produk kosmetik lain yang sudah bersertifikat halal. Dengan semakin beragamnya pilihan kosmetik halal di Indonesia, para Muslimah Indonesia kini memiliki lebih banyak pilihan perawatan dalam memperindah penampilan tanpa meninggalkan kaidah-kaidah agama.

Leave a Reply
<Modest Style