Modest Style

Adaptasi Abaya Tropis

,

Kenapa kita memakai abaya di iklim tropis? Karena seperti suatu ungkapan, “Masalahnya bukan di panasnya, tapi di kelembapannya.”

WP-tropical-abaya

Saya sangat menyukai abaya. Kainnya yang hitam melambai bersatu dalam susunan lipatan dan wiru, berhias manik-manik dan detail yang ramai tapi halus, dengan mudahnya dapat memikat hati. Sewaktu menghadiri sebuah konferensi di Uni Emirat Arab, saya terus tak henti-hentinya kagum dengan abaya-abaya memesona yang dipakai teman-teman dari Timur Tengah. Jadi saat kami mengunjungi souq (pasar) setempat, saya tahu saya harus membeli satu.

Yang menarik perhatian saya adalah sehelai abaya simpel dengan susunan cermat wiru yang menyatu di tengah, serta garis berlian di bagian depan dan bahunya.

Sayangnya, penjaga toko mengatakan abaya itu hanya sampel untuk pra-pemesanan Kalau mau beli, saya harus menunggu dulu. Tapi akhirnya teman Emirat saya yang piawai itu berhasil meyakinkannya untuk menjual abaya tersebut kepada saya. . Saat ini, sepotong pakaian yang memesona itu tergantung di lemari baju saya. Sedihnya, saya belum sempat memakainya, dan saya ragu apakah akan pernah memakainya.

Tahu sendiri, kan?, di Singapura, mengenakan sheyla (sejenis kerudung sifon) dan abaya untuk busana sehari-hari – tanpa terlihat seperti turis – akan tampak sedikit aneh. Seperti yang pernah saya singgung sebelumnya, panas dan kelembapan sering menjadi topik perbincangan di kota kepulauan ini. Kemungkinan besar kita akan mendengar orang berbisik ‘shen jing bing‘ (‘gila’ dalam bahasa Cina Mandarin) ke arah kita apabila kita berpakaian serbahitam dan mengenakan abaya sebagai mantel. Lagipula, celana pendek dan sandal merupakan pakaian sehari-hari bagi  sebagian besar warga Singapura.

Apa Itu Abaya?

Abaya adalah jubah pelapis yang longgar yang sering dikenakan wanita Afrika Utara dan Timur Tengah di atas busana kasual mereka. Walaupun abaya tradisional biasanya polos dengan sedikit sulaman, banyak wanita Timur Tengah memakai abaya berornamen rumit dan indah untuk acara khusus, misalnya resepsi pernikahan dan pesta besar.

Apabila, seperti saya, kalian sangat menyukai penampilan abaya, tapi masih bimbang untuk mengenakannya di negara asal, beberapa ide ini dapat membantu kita untuk memakainya dengan percaya diri.

www.fashionvalet.net
www.fashionvalet.net

Nyaman dengan Kaftan

Alih-alih mengenakan abaya sebagai jubah, dapatkan gaya serupa namun dalam bentuk gaun panjang yang longgar. Misalnya di butik-butik gaun seperti  ini dikenal sebagai kaftan atau jalabiya. Kita mendapatkan efek elegan abaya dalam gaya yang lebih nyaman. Ditambah lagi, kaftan tersedia dalam beragam koleksi warna, gaya dan model.

www.fashionvalet.net

www.fashionvalet.net
www.fashionvalet.net

Bahan yang Ringan

Saya memerhatikan banyak abaya terbuat dari bahan yang berat seperti lycra, demi menonjolkan susunan wiru serta lipatannya. Kelemahannya, bahan ini membuat pemakainya mudah berkeringat. Jadi bahan ini tidak praktis dipakai di negara tropis yang sangat lembap seperti negara-negara di Asia Tenggara. Lebih baik pilih bahan yang ringan, seperti sifon, yang lebih nyaman dikenakan di udara tropis, serta memudahkan kulit untuk bernapas.

www.fashionvalet.net

www.inayahcollection.com
www.inayahcollection.com

Warna-Warna Terang

Meski secara tradisional abaya berwarna hitam, tersedia pula warna lain untuk menjaga tubuh supaya tetap sejuk – warna terang adalah pilihan terbaik. Warna hitam menyerap panas dan akan membuat kita merasa lebih kepanasan dari biasanya. Jadi apabila Anda tinggal di negara tropis seperti saya, hindari warna hitam dan pilihlah warna terang.

www.inayahcollection.com

www.inayahcollection.com
www.inayahcollection.com

Tambahkan Scarf Berwarna

Jika kita lebih suka memakai abaya hitam dan sehari-hari kita juga berkerudung, daripada mengenakan sheyla hitam, ambil scarf berwarna berani dan terang. Selain menjadikan busana kita jauh lebih menarik, kita tidak akan merasa kepanasan seperti jika mengenakan serbahitam. Scarf bermotif dan berwarna-warni akan terlihat sangat indah disandingkan dengan abaya hitam.

www.inayahcollection.com

Leave a Reply
<Modest Style