Modest Style

Cara merawat rambut berkerudung di iklim tropis

,

Karena hidup di negara tropis, perempuan Indonesia yang berhijab menghadapi tantangan tersendiri dalam menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Simak beberapa saran dari Najwa Abdullah.

WP perawatan rambut (Fotolia)
Gambar: Fotolia

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia artinya kita tidak bisa lepas dari cuaca panas dan lembab, terlebih lagi untuk perempuan berhijab yang harus selalu menutup rambut di bawah sinar matahari yang menyengat sambil menjalani padatnya aktifitas.

Perempuan berhijab yang ingin kesehatan dan keindahan rambut senantiasa terjaga, perlu member perhatian ekstra pada perawatan rambut. Udara panasmemang menyebabkan kulit kepala berkeringat dan mendinginkan suhu kulit kepala, namun karena adanya kerudung, sirkulasi udara di kulit kepala dapat menjadi terhambat. Akibatnya, keringat akan terperangkap di bawah hijab dan kulit kepala menjadi lebih lembab. Kulit kepala yang lembab akan menyebabkan kondisi kulit kepala berminyak yang pada gilirannya dapat menimbulkan masalah-masalah seperti ketombe dan kerontokan rambut.

Namun, teriknya matahari tropis jangan menjadi halangan untuk berhijab dan memiliki rambut sehat. Tips-tips berikut bisa jadi bermanfaat bagi Anda.

1. Cuci rambut dan kulit kepala dengan teliti. Masalah rambut selalu berakar dari kulit kepala. Rambut berhijab sangat rentan minyak (sebum) berlebih sehingga memicu jamur yang gemar tumbuh subur dalam kondisi kulit kepala yang hangat, lembab dan berminyak. Untuk menjaga kondisi kulit kepala, cucilah rambut setidaknya sehari sekali dan bilas hingga benar-benar bersih tanpa residu. Hindari penggunaan air hangat ketika berkeramas dan perlakukan rambut dengan lembut.

2. Jika masalah ketombe sudah parah, gunakan sampo anti-mikroba dan anti-jamur yang mengandung bahan-bahan seperti ter, selenium sulfida, zink pirition, ketokonazol atau siklopiroks (bahan yang terakhir ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil).

Salah satu bahan alami untuk mengatasi ketombe adalah teh hijau, yang mengandung polifenol atau biasa disebut EGCG. Namun sayangnya, polifenol tidak akan berfungsi baik ketika digabung dengan senyawa kimia lain, sehingga menggunakan sampo teh hijau untuk mengatasi ketombe bukanlah solusi yang memadai. Cara yang lebih efektif adalah dengan menyeduh secangkir teh hijau pekat dakam cangkir, kemudian oleskan campuran ini pada kulit kepala secara langsung. Biarkan mendingin dan meresap selama minimal 15 menit.

3. Saat kulit kepala sudah bebas dari ketombe, Anda boleh menggunakan kondisioner, namun cermati frekuensinya. Karena rambut cenderung lembab dalam keadaan tertutup, penggunaan kondisioner tidak dianjurkan terlalu sering. Setidaknya seminggu dua hingga tiga kali, oleskan kondisioner sesudah keramas. Sebaiknya gunakan kondisioner terpisah, bukan sampo plus kondisioner di bagian batang dan ujung rambut saja. Hindari penggunaan kondisioner dari pangkal rambut dan kulit kepala karena akan membuat rambut bertambah lepek dan berminyak secara keseluruhan.

4. Beri krim penutrisi rambut atau masker pada rambut Anda maksimal seminggu sekali selama10-20 menit dengan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, kemiri, ginseng, urang-aring dan lain sebagainya. Mengapa bahan alami? Karena bahan alami tidak mempengaruhi Ph (kadar asam) kulit kepala secara signifikan. Hal ini penting bagi kita yang tinggal di iklim tropis dengan tingkat kelembaban tinggi.

Jangan lupa membilas rambut hingga benar-benar bersih setelah selesai menggunakan masker. Tidak disarankan untuk mengaplikasikan berbagai macam produk rambut – tonik rambut, krim creambath, serum dan sebagainya – sekaligus sekaligus karena pencampuran bahan kimia yang tak terkendali dapat merusak rambut dan kulit kepala.

5. Biarkan rambut Anda tergerai alami. Banyak perlakuan pada rambut seperti mengeringkan rambut, mengganti warna pigmen, mengecat, meluruskan atau mengkeriting rambut sebenarnya dapat membahayakan rambut.

Penggunaan pengering rambut dan catokan dengan suhu yang sangat tinggi menyebabkan air di bawah lapisan rambut terluar yang disebut kutikula dapat membentuk gelembung yang menekan dan merusak rambut. Terlebih lagi jika ditambah dengan penggunaan bermacam-macam bahan kimia yang ada dalam obat pewarna dan pelurus rambut. Perlakuan tersebut dapat mengikis lapisan-lapisan pelindung rambut sehingga nantinya akan membuat rambut tipis, bercabang, kusam dan kehilangan kekuatannya.

Jangan sampai eksperiman Anda pada penampilan mengorbankan kesehatan rambut. Rambut Anda sudah berjuang cukup keras menghadapi panasnya udara tropis, sebaiknya perjuangannya tidak ditambah dengan menggunakan senyawa berbahaya.

6. Perhatikan asupan makanan dan jadikan makanan sehat sebagai suplemen utama rambut Anda. Setiap helai rambut mendapat pasokan nutrisi dari tubuh. Oleh karena itu, kesehatan dan pola makan sangat mempengaruhi kondisi rambut. Coba konsumsi makanan dengan kadar asam lemak omega-3 tinggi seperti ikan, alpukat, telur dan susu. Zat besi juga penting untuk kekuatan rambut dan zat ini bisa didapat dari jagung, sayur-sayuran hijau dan daging sapi. Olahraga teratur juga penting untuk menjaga sirkulasi darah ke rambut agar tetap lancar.

Leave a Reply
<Modest Style