Modest Style

5 cara aneh mengobati jerawat

,

Jerawat memang mengesalkan, hingga sebagian orang mencoba cara-cara berikut untuk menghilangkannya. Beta Nisa memilih beberapa di antaranya.

Gambar: iStock
Gambar: iStock

Salah satu hal yang paling menyebalkan dalam hidup (selain kecoa terbang) adalah munculnya jerawat secara mendadak di permukaan kulit wajah. Tidak hanya terasa sakit saat tersentuh, jerawat juga seringkali menurunkan tingkat kepercayaan diri kita. Berbagai cara akan kita lakukan untuk menghilangkan atau setidaknya mengeringkan jerawat – dalam waktu semalam jika bisa – bahkan bahkan hingga yang terdengar aneh dan tidak masuk akal sekalipun.

Berikut adalah beberapa cara aneh yang digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Apakah cara-cara ini secara ilmiah terbukti bermanfaat ataukah hanya mitos belaka?

1. Pasta gigi

Salah satu cara rumahan paling populer dalam menyembuhkan jerawat adalah pasta gigi. Bahkan mengaplikasikan pasta gigi pada jerawat di beberapa komunitas seakan-akan sudah menjadi “wejangan” yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lain. Namun, apakah benar pasta gigi memang bermanfaat tidak hanya dalam membersihkan gigi namun juga membersihkan jerawat?

Apabila dilihat berdasarkan kandungannya, pasta gigi dapat membuat kulit kering sehingga kemungkinan juga bermanfaat untuk mengeringkan jerawat. Namun, di balik kemampuannya dalam mengeringkan jerawat, pasta gigi memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengiritasi kulit karena kandungannya yang tidak diformulasikan untuk kulit, terlebih bagi mereka yang berkulit sensitif.

Saat jerawat mengering dan mengelupas setelah diberi pasta gigi, kemungkinan pengelupasan yang terjadi bukan karena pasta gigi membantu dalam penyembuhan jerawat, namun justru karena kulit mengalami iritasi. Jadi lebih baik pasta gigi digunakan cukup untuk gigi saja, bukan untuk mengobati jerawat.

2. Teh Basi

Ada sisa teh dari semalam yang tidak terminum? Jangan buru-buru membuangnya. Banyak yang menyebutkan bahwa teh basi atau teh yang telah didiamkan selama satu malam memiliki banyak khasiat untuk pengobatan luar, salah satunya untuk mengobati jerawat. Meskipun teh basi merupakan racun apabila dikonsumsi, namun untuk penggunaan luar tampaknya ia memiliki beberapa manfaat.

Teh basi memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi regenerasi kulit, sehingga dapat mencegah keriput dan mencerahkan kulit wajah jika digunakan untuk merawat kulit secara rutin. Teh basi juga dapat mengangkat sel kulit mati yang pada gilirannya dapat membantu penyembuhan jerawat lebih cepat. Tingginya kandungan antioksidan dan ringannya tekstur teh basi rupanya ampuh dan aman untuk kulit muka, sehingga penggunaan teh basi yang rutin dianjurkan untuk kulit yang cerah dan juga bebas dari jerawat.

3. Soda kue

Siapa sangka bahan kue ini bisa menjadi penyelamat Anda di saat jerawat melanda. Soda kue sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan rumahan yang murah dan terjangkau dalam berbagai perawatan kulit seperti sebagai pembersih dan pengelupas kulit. Pengaplikasian soda kue dapat membuka pori-pori kulit wajah dan membersihkan minyak kulit wajah.

Soda kue juga dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah jerawat; bukan hanya menyembuhkan, namun juga mencegah dan menghilangkan noda bekas jerawat. Cukup dengan mencampurkan air dan soda kue, maka pasta untuk mengobati jerawat pun jadi.

Namun, ternyata menurut sebagian dokter kulit, soda kue memiliki kemungkinan untuk mengiritasi kulit karena ia tidak dirancang khusus untuk perawatan kulit muka dan dapat menjadi terlalu keras bagi kulit muka yang sensitif. Maka, disarankan untuk menggunakannya dengan hati-hati. Jika perlu, lakukanlah tes alergi terlebih dahulu pada daerah leher sebelum mengaplikasikan soda kue pada wajah.

4. Kapur sirih

Kapur sirih telah lama dikenal sebagai obat tradisional yang multi guna, contohnya untuk mengatasi bau badan dan keriput. Sekilas dari namanya, beberapa orang mengira bahwa kapur sirih adalah kapur yang terbuat dari daun sirih atau kapur yang dicampur dengan sirih. Padahal, kapur sirih adalah hasil dari pembakaran batuan karang.

Untuk mengatasi jerawat, pasta kapur sirih dibuat dengan mencampurkan sedikit serbuk kapur sirih dengan air. Pasta ini kemudian dioleskan pada bagian yang berjerawat hingga kering lalu dibilas. Meski kapur sirih telah dipercaya turun temurun sebagai pengobatan herbal yang efektif, namun rupanya hingga kini belum ada penelitian mengenai aman tidaknya penggunaan kapur sirih pada kulit wajah, sehingga penggunaannya masih memerlukan pengawasan.

5. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu masakan, rupanya bawang putih juga sering dipercaya sebagai obat jerawat. Bawang putih terbukti memiliki tingkat antioksidan yang tinggi dan memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang sangat kuat. Bawang putih biasa digunakan sebagai obat tradisional dalam ilmu Ayurveda India, sebuah metode pengobatan alami dan tradisional yang sudah ada sejak lima ribu tahun yang lalu.

Salah satu manfaat bawang putih yang sering kita dengar adalah untuk mengobati jerawat. Bagaimana caranya mengobati jerawat dengan bawang putih? Pasti yang terbayang dalam benak kita adalah langsung mengusapkan potongan bawang putih pada jerawat. Namun percayalah, hal ini tidak saya sarankan karena saya pernah mencobanya dan rasanya perih sekali.

Pengobatan jerawat menggunakan bawang putih yang benar adalah dengan mengonsumsinya. Tetapi, tampaknya efek mengonsumsi bawang putih pada penyembuhan jerawat amat lambat. Jadi, jika Anda tidak tahan melihat benjolan merah di kulit Anda, saya sarankan untuk mencoba jenis pengobatan jerawat yang lain saja.

Leave a Reply
<Modest Style