Modest Style

4 rahasia menjaga pesona tas dan sepatu kulit

,

Tas dan sepatu kulit kesayangan Anda perlu perawatan khusus agar selalu terlihat baru. Najwa Abdullah punya beberapa tipsnya.

WP kulit (Photl) 02
Gambar: Photl

Bagi Anda para penggemar fesyen, sepatu dan tas kulit merupakan investasi yang bernilai karena barang-barang ini selalu Nampak gaya sepanjang masa. Malahan, semakin lama usia tas atau sepatu kulit Anda, biasanya semakin tinggi pula nilai fesyennya – siapa yang tidak suka dengan sepatu dan tas vintage?

Sayangnya, karena menganggap bahan kulit lebih kuat dan tahan lama, banyak orang yang cenderung cuek dalam merawat sepatu dan tas kulitnya. Padahal, kalau Anda ingin sepatu dan tas kulit Anda senantiasa terlihat indah dipandang mata, Anda perlu merawat mereka secara khusus. Terlebih lagi jika sepatu dan tas kulit Anda berharga lumayan mahal atau bermerek, sayang sekali jika barang-barang mahal ini terlihat lusuh bukan?

Untuk mempertahankan penampilan sepatu dan tas kulit Anda, berikut beberapa tips yang bermanfaat:

1. Memberi sarung pelindung sebelum menyimpan

Saat sedang tidak dipakai dalam jangka waktu lama, pastikan Anda menyarungi sepatu dan tas kulit kesayangan Anda dengan kain lembut sebelum menyimpannya di dalam lemari.

Setelah memberinya sarung, letakkan sepatu kulit Anda di dalam kotak berbahan plastik tebal untuk menghindari sentuhan air, minyak, serangga, dan bahan pencemar lain. Sedangkan untuk tas kulit kesayangan Anda, lapisi bagian-bagian tas yang terbuat dari logam dengan kertas untuk menjaga kilaunya dan agar bagian-bagian ini terbebas dari karat. Jika Anda khawatir akan gangguan serangga, maka bungkus bagian logam tas Anda – misalnya rantai dan dekorasi lainnya – dengan plastik.

2. Simpan dengan kamper atau silica gel

Saat disimpan di dalam lemari dalam rentang waktu panjang, sepatu dan tas kulit sangat rentan terserang jamur, tungau dan rayap. Untuk menghindari hal ini, letakkan produk anti lembab seperti kamper atau silica gel di dalam tempat sepatu dan tas kulit. Untuk menghindari aroma apek pada sepatu dan tas kulit (yang tentunya sulit dihilangkan), letakkan juga kamper atau penyerap kelembaban lainnya di dalam lemari Anda dan sesekali bukalah lemari untuk memperbaiki sirkulasi udara.

3. Tips menghindari dan menghilangkan noda

Jangan menumpuk sepatu dan tas kulit Anda dengan sepatu dan tas berbahan plastik. Sepatu dan tas plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada kulit, yang mengakibatkan munculnya noda seperti noda jamur pada bahan kulit. Noda seperti ini cukup bandel dan sulit dihilangkan. Pisahkan koleksi berbahan kulit Anda di tempat khusus.

Selain itu, kontak dengan air juga dapat memicu tumbuhnya noda jamur. Jika bahan kulit sudah terlanjur bernoda, segera lap bagian yang basah hingga kering dan jemur di tempat kering tanpa sinar matahari langsung. Apabila jamur sudah terlanjur muncul dengan tampilan seperti bercak-bercak putih, hilangkan dengan menggosoknya dengan lap bertekstur lembut dengan hati-hati. Jika jamur ada di bagian dalam tas atau sepatu, gosok dengan sikat berbahan lembut, setelah itu seka dengan lap kering.

4. Cara mencuci tas dan sepatu kulit

Sebelum mencuci, pastikan Anda tidak menggunakan sikat pakaian, deterjen dan air panas. Campurkan air hangat dan sabun mandi cair di dalam bak plastik dan celupkan tas kulit Anda ke dalamnya. Oleskan sabun yang sudah tercampur dengan air tadi pada tas dengan menggunakan tangan, lalu sikat dengan perlahan menggunakan sikat berbahan lembut. Setelah itu, bilaslah tas tiga hingga empat kali dan gunakan air dingin pada bilasan terakhir. Lakukan langkah-langkah yang sama untuk sepatu kulit, tanpa pencelupan.

Saat menjemur, hindari sinar matahari langsung yang dapat membuat permukaan kulit nampak retak dan pecah-pecah. Cukup keringkan tas atau sepatu yang basah dengan kipas angin.

Leave a Reply
<Modest Style