Modest Style

Lomba ekspresi untuk kemajuan toleransi di Indonesia

,

Ahmad Wahib Award mengajak generasi muda Indonesia untuk mengembangkan sikap toleransi. Oleh Miranti Cahyaningtyas.

04 ahmad wahib 01

Dengan hanya dua pasang capres-cawapres yang berlaga di pemilihan presiden kemarin, negara ini sempat terbelah sementara masyarakatnya berkampanye untuk calon presiden pilihan mereka. Kini setelah pilpres usai, saatnya masyarakat bersatu kembali dan melaksanakan sila ketiga dari Pancasila: persatuan Indonesia.

Toleransi merupakan sikap penting yang harus diutamakan dan diperjuangkan dalam aktivitas sehari-hari bangsa Indonesia yang masyarakatnya majemuk ini. Itulah alasan di balik diadakannya sayembara esai, blog, dan video Ahmad Wahib Award 2014. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Forum Muda Paramadina, Hivos, Pamflet, dan jakartabeat.net ini mengangkat tema “Inspirasi untuk Toleransi”.

Sayembara ini diharapkan dapat menantang orang muda untuk mengekspresikan gagasan serta pengalaman mereka terkait kemajemukan di Indonesia dengan mengambil inspirasi dari almarhum aktivis Ahmad Wahib.

Catatan harian yang ditorehkan Ahmad Wahib pada tanggal 9 Oktober 1969 memberikan gambaran sekilas nilai-nilai yang ia junjung, sekaligus semangat yang dibawa oleh kompetisi ini:

“Aku bukan nasionalis, bukan katolik, bukan sosialis. Aku bukan buddha, bukan protestan, bukan westernis. Aku bukan komunis. Aku bukan humanis. Aku adalah semuanya. Mudah-mudahan inilah yang disebut Muslim. Aku ingin orang menilai dan memandangku sebagai suatu kemutlakan (absolute entity) tanpa menghubung-hubungkan dari kelompok mana saya serta dari aliran apa saya berangkat. Memahami manusia sebagai manusia.”

Kompetisi ini terbuka gratis untuk warga negara Indonesia berusia 16 hingga 25 tahun yang belum pernah memenangi Ahmad Wahib Award sebelumnya. Masa akhir pengumpulan karya adalah 30 Agustus 2014.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini, sila kunjungi situs atau laman Facebook kompetisi, ikuti cuitannya di @wahibaward, atau kirimkan surel ke sini.

Leave a Reply
<Modest Style