Modest Style

Kolaborasi World Muslimah Award dan Langston Hues

,

World Muslimah Award 2014 kembali mengundang perempuan muslim di seluruh dunia untuk unjuk prestasi. Oleh Beta Nisa.

[Not a valid template]

Untuk keempat kalinya, World Muslimah Award akan kembali digelar. Di tengah maraknya ajang serupa yang kurang berkenan bagi para perempuan Muslim, World Muslimah Award 2014 hadir sebagai alternatif dengan beberapa perbedaan mendasar. Yang jelas, dalam ajang ini peserta tidak akan tampil dalam balutan bikini atau gaun terbuka.

World Muslimah Award adalah sebuah kontes pemilihan Muslimah berskala internasional yang diadakan oleh World Muslimah Foundation (WMF), sebuah organisasi independen dengan fokus terhadap pembangunan berkelanjutan dan kesetaraan bagi perempuan dan anak-anak.

Meski nama acara ini senada dengan berbagai kontes kecantikan lainnya, namun World Muslimah Award mengklaim bahwa mereka bukan hanya sekadar kontes kecantikan. Beauty pageant ini merupakan bagian dari kegiatan amal internasional yang dijalankan oleh WMF dengan tujuan menggalang dana bagi Muslimah yang terjebak dalam perang, bencana alam, dan krisis pangan. Kriteria penilaian yang digunakan untuk memilih pemenang pun, menurut panitia disesuaikan dengan norma-norma dalam Al-Qur’an.

World Muslimah Award menekankan pentingnya kemampuan mengaji dan komitmen mengenakan hijab sebagai salah satu kualifikasi pendaftaran. Selain itu, prestasi dalam bidang olahraga, seni, akademik, maupun budaya juga menjadi pertimbangan penting untuk seleksi peserta, yang dibatasi dalam rentang usia 18-27 tahun. Pemilihan World Muslimah tahun ini akan di kota Yogyakarta.

Karena jangkauan pemilihan ini mencakup berbagai negara di dunia, proses seleksi awal dilakukan melalui online audition yang akan berlangsung pada 25 Juni hingga 7 September mendatang. Malam Grand Final dan Penobatan akan berlangsung pada tanggal 21 November.

Bagi para pemenang, berbagai hadiah menarik yang menanti termasuk paket perjalanan umrah dan uang tunai senilai ratusan juta rupiah.

Ajang World Muslimah Award kali ini juga akan menampilkan proyek fotografi Modest Street Fashion yang dipelopori oleh fotografer asal Detroit, AS, Langston Hues. Hues telah berkunjung ke banyak negara untuk mengumpulkan berbagai potret jalanan perempuan yang berpakaian santun namun tetap modis.

Dengan latar belakang di bidang antropologi, Hues menganggap bahwa perjalanannya menyerupai etnografi kontemporer, di mana ia menangkap ekspresi identitas perempuan melalui pakaian yang dikenakan. Hues mengungkapkan bahwa pakaian santun kini bukan lagi sesuatu yang dianggap aneh dan bukan hanya mengenai fesyen Muslim, melainkan sebuah tren yang melintasi berbagai dimensi, dari yang konservatif dan tradisional hingga eksperimental, namun tetap mempertahankan prinsip spiritual.

Hasil jepretan kamera Hues dari berbagai penjuru dunia akan dikompilasi dalam buku berjudul “Modest Street Fashion” yang akan rilis pada akhir tahun ini. Hingga saat ini, Hues telah berhasil mengumpulkan lebih dari 400 foto melalui perjalanannya ke 20 negara dan 25 kota di seluruh dunia.

Kunjungi situs resmi World Muslimah Award untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply
<Modest Style