Modest Style

Warga Iran ditahan karena membuat video “Happy”

,
Cuplikan gambar video tersebut dari YouTube
Cuplikan gambar video tersebut dari YouTube

TEHERAN, 20 Mei 2014 (AFP) – Polisi menyatakan telah menahan enam warga Iran tersangka pengunggah sebuah versi lagu hit “Happy” milik penyanyi AS Pharell Williams di internet.

Video klip tersebut memperlihatkan tiga pria dan tiga wanita bernyanyi dan berjoget mengikuti irama lagu di jalan-jalan dan atap-atap bangunan kota Teheran.

“Setelah kemunculan video klip yang mengganggu kesusilaan masyarakat di dunia maya, polisi memutuskan untuk mengidentifikasi semua yang terlibat dalam pembuatan video klip tersebut,” ujar kepala kepolisian Teheran Hossein Sajedinia berdasarkan kutipan kantor berita ISNA.

“Menyusul serangkaian operasi intelijen dan kepolisian dan setelah berkoordinasi dengan dewan kehakiman, seluruh tersangka telah diidentifikasi dan ditahan.”

ISNA mengatakan tahanan terdiri dari tiga pria dan tiga wanita dan bahwa mereka “mengakui tindakan kriminal mereka”.

Kelompok konservatif menyebut banyak warga muda Iran meninggalkan nilai-nilai keislaman dan berpaling pada gaya hidup Barat.

Di bawah hukum Islam, yang berlaku di Iran sejak revolusi 1979, wanita harus menutupi tubuh dari kepala hingga kaki.

Lebih dari sepuluh tahun lalu sebuah unit “polisi moral” dibentuk untuk memastikan para wanita menaati peraturan berpakaian dengan cermat di tempat umum.

Internet juga disaring dengan sangat ketat di Iran, di mana pihak berwenang memblokir akses ke situs-situs jejaring sosial populer.

Kebebasan sipil dan hak azasi wanita kembali mengemuka sejak pemilihan Presiden Hassan Rohani Juni lalu.

Sebagai seorang moderat, ia telah memperjuangkan kebebasan budaya dan sosial yang lebih besar di republik Islam tersebut, dan secara khusus mendesak adanya toleransi dari polisi untuk masalah kerudung.

Namun kelompok konservatif secara rutin mencela apa yang mereka anggap sebagai kelalaian pihak berwenang perihal penutupan tubuh wanita maupun perilaku yang dianggap menghina Islam.

Lagu pop hit milik Pharell Williams telah memancing kemunculan mim video musik yang juga dibuat oleh umat Muslim di negara-negara seperti Inggris, Belanda, AS, dan Jerman. Saksikan video dari Iran berikut dan silakan menilai sendiri:

Berita ini hadir menyusul kemunculan kampanye media sosial di Iran di mana para wanita mencopot hijab mereka.

Keenam remaja yang ditangkap polisi ini telah dibebaskan dengan membayar uang tebusan pada tanggal 20 Mei.

Leave a Reply
<Modest Style