Modest Style

Variasi Olahraga Kursi

,

Bobo Chang mengeksplorasi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk berolahraga ringan di kursi yang nyaman—baik saat hujan maupun panas dan tanpa uang sepeser pun yang keluar untuk keanggotaan fitness (dan mungkin juga untuk peralatannya).

 

Foto oleh SXC
Foto oleh SXC

Banyak dari kita menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya untuk duduk di kursi, bekerja di kantor maupun di rumah. Namun, menghilangkan kebiasaan duduk lama pun tidak perlu sampai meninggalkan kantor atau rumah. Sejumlah latihan berikut bahkan terbilang terlalu mudah sehingga sayang untuk tidak dipraktikkan!

Foto oleh SXC
Foto oleh SXC

Peregangan Untuk pemanasan serta melemaskan leher dan punggung, duduk dan lakukan peregangan pada otot-otot tubuh bagian atas. Angkat kedua tangan setinggi mungkin, tengadahkan wajah, lalu pelan-pelan kembali ke posisi semula. Ulangi beberapa kali. Lakukan peregangan ini sekali di pagi hari dan sekali lagi di sore hari. Selain itu, secara perlahan gerakkan kepala, bahu dan pergelangan kaki dalam gerakan memutar.

Olahraga Kaki Duduk tegak di ujung kursi dengan kedua tangan memegang sisi-sisi dudukan kursi. Luruskan satu kaki ke depan dan jejakkan kaki yang lain ke lantai dengan posisi 90 derajat. Putar kaki yang diluruskan selama sekitar 15-30 detik. Ulangi dengan kaki yang satunya.

Masih menggunakan teknik yang sama. Kali ini dorong satu kaki secara bergantian dalam gerakan menulis huruf dengan jempol kaki yang sedikit dibengkokkan ke bawah. Ulangi sesuka Anda.

Dalam posisi duduk tegak, angkat kedua lutut sedekat mungkin ke arah dada dan kembali ke posisi semula. Ulangi selama satu menit. Latihan ini juga bagus untuk perut.

Mengepal Inilah gerakan termudah dalam latihan ini. Masih dalam posisi duduk, dan Anda bahkan tetap dapat bekerja. Kencangkan otot bokong dan tahan selama 10 detik, lalu lemaskan. Lakukan gerakan ini selama satu menit.

Selain itu, Anda pun dapat melakukan gerakan meremas dengan ‘stress ball‘ yang kenyal atau hand gripper (atau hole puncher alias pembolong kertas) untuk mengencangkan otot-otot lengan sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Anda bahkan bisa melakukannya sambil menelepon.

Foto oleh SXC
Foto oleh SXC

Jika Anda seperti saya dan lebih suka berolahraga di rumah, cek galeri foto di bawah ini. Isinya adalah berbagai peralatan olahraga berharga murah dan tidak makan tempat yang sangat berguna untuk kenyamanan dan kesehatan Anda.

[Not a valid template]

Perhatikan keselamatan: Bila Anda merasa nyeri selama mempraktikkan salah satu gerakan di atas, segeralah berhenti dan cari bantuan medis dari dokter.

Jelajahi lebih banyak gagasan DIY dan tip mendekorasi rumah dari Bobo Chang

Leave a Reply
<Modest Style