Modest Style

Ustaz-ustaz Indonesia paling berpengaruh di Twitter

,

Media sosial kini menjadi mimbar baru bagi para ustaz yang ingin memperluas jaringan syiar mereka. Oleh Najwa Abdullah.

Munculnya jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter ternyata juga memberi dampak yang besar terhadap perkembangan dakwah Islam. Profesi ustaz yang dahulu hanya memiliki lahan berkiprah di kalangan masjid atau majelis ta’lim kini memasuki ranah yang lebih luas – di linimasa (timeline). Ceramah atau petuah agama kini dapat diakses oleh masyarakat dari segala penjuru dunia hanya dengan satu klik di tablet atau telepon pintar. Lalu, siapa sajakah ustaz yang aktif di linimasa dan memiliki jumlah pengikut terbanyak di Twitter? Berikut beberapa di antaranya.

Yusuf Mansur

Yusuf Mansur

Pimpinan Yayasan PPPA Darul Qur’an Nusantara yang juga terkenal dengan bukunya, Kun Fayakuun dan An Introduction to the Miracle of Giving ini memiliki lebih dari 1.300.000 pengikut di Twitter. Ilmu sedekah merupakan spesialisasi kicauannya di Twitter, selain juga bahasan akan sunnah Rasul, anjuran untuk menghafal Al-Qur’an serta cara-cara berdoa yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Gaya berceramah ustaz Yusuf Mansur cukup unik dengan bahasa santai dan sederhananya, dan sepertinya inilah salah satu hal yang membuat kicauannya digemari banyak orang.

Selain sukses berdakwah, ustaz Yusuf Mansur juga menjalani berbagai macam bisnis dan terlibat dalam organisasi dakwah dan amal yang cukup besar. Akan tetapi, aktivitas bisnis ustaz Yusuf Mansur pernah menuai kontroversi dan sempat menggemparkan publik ketika ia pernah diduga terlibat dalam kasus penipuan lewat bisnis investasi “usaha patungan” yang belum memiliki ijin resmi. Namun, ustaz Yusuf Mansur telah menunjukkan tanggung jawabnya dengan mendatangi kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, 22 Juli 2013 lalu.[i]

Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Aa Gym

Di awal tahun 2000-an, Aa Gym merupakan ustaz terpopuler. Ia tak ubahnya selebriti yang senantiasa tampil di berbagai acara televisi dan bahkan infotainment. Ia bahkan pernah digadangi untuk mencalonkan diri menjadi presiden Indonesia di tahun 2009 oleh jutaan penggemarnya.

Namun, popularitas Aa Gym mulai menurun ketika kehidupan pribadinya mulai disorot secara intens oleh media. Semenjak itu, kemunculan Aa Gym di layar kaca semakin menurun.

Walaupun tak lagi terlalu populer di televisi, Aa Gym cukup terkenal di jejaring sosial dengan jumlah pengikut 1 juta orang lebih, sedikit di bawah Yusuf Mansur. Isi kicauan Aa di akun Twitter-nya bukan hanya seputar sunnah atau kajian religi, namun juga mengenai bagaimana menjadi manusia yang baik secara universal, seperti tentang bagaimana menyikapi musibah atau permasalahan dengan baik serta evaluasi diri.

Felix Siauw

Felix Siauw

Ustaz dengan jumlahpengikutterbanyak ketiga di linimasa setelah Yusuf Mansur dan Aa Gym ini mungkin salah satu yang paling menarik perhatian karena pernyataan-pernyataannya yang blak-blakan dan berani, sehingga tak jarang menuai kontroversi di tengah komunitas virtual. Fokus kicauannya adalah seputar permasalahan kawula muda: mulai dari busana hingga hubungan percintaan. Ustaz ini juga sudah meluncurkan dua buku yang cukup mengundang perhatian: Yuk, Berhijab! dan Udah, Putusin Aja!

Felix Siauw sering menekankan bahwa posisi perempuan dalam Islam sangatlah penting, oleh karena itu pendidikan terhadap perempuan, khususnya pendidikan agama adalah hal yang seharusnya tidak diremehkan. Akan tetapi, ustaz dengan jumlah pengikut lebih dari 700 ribu ini juga sering dianggap melakukan generalisasi terhadap definisi feminisme yang kerap ia kait-kaitkan dengan Barat dan materialisme.

Gus Mus (Ahmad Mustafa Bisri)

Gus Mus

Ustaz yang biasa disapa Gus Mus ini bukan hanya seorang ulama, namun juga seorang nasionalis yang menegaskan perbedaan antara kaum Muslim Indonesia dengan Muslim Timur Tengah.

“Islam kita itu ya Islam Indonesia, bukan Islam Saudi Arabia. Bukan berarti kalau tidak pakai jubah dan sorban, Islam kita tidak diterima,” ia pernah berucap di salah satu acara pameran seni rupa di Yogyakarta.

Dalam kicauannya, Gus Mus banyak memberikan petuah tentang pentingnya meniru perilaku Rasulullah (saw) yang damai dan penuh toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Ia percaya bahwa teladan Rasulullah (saw) tidak akan lekang oleh waktu dan patut dipegang oleh setiap Muslim.

Gus Mus memiliki pengikut yang berjumlah hampir 300.000 di Twitter.

Salim A Fillah

Salim A Fillah

Kekuatan narasi dan kemahiran menguntai kata-kata adalah beberapa aspek terkuat yang dimiliki ustaz yang satu ini. Selain aktif bersyiar lewat kicauan Twitternya yang diikuti hampir 200.000 orang, Salim A Fillah juga merupakan seorang penulis buku yang cukup produktif. Ia juga telah merangkum kicauannya di Twitter ke dalam buku yang berjudul Menyimak Kicau Merajut Makna.

Dalam kicauannya yang sebagian besar berisi renungan, ia menitikberatkan perhatiannya terhadap permasalah relasi sesama manusia, atau juga disebut ukhuwah. Ia meyakini bahwa ukhuwah yang kuat sangat penting bagi umat Islam; menjadi muslim yang baik dan beriman berarti harus menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia.

Di akun linimasanya, dapat dilihat juga bahwa ia sangat prihatin dengan berbagai isu global yang dihadapi umat Muslim dunia, termasuk di Suriah. Banyak di antara kicauannya mengajak umat Muslim Indonesia untuk peduli dengan masalah ini dan memberikan informasi mengenai cara-cara penyaluran bantuan ke negara-negara Islam yang tengah dilanda konflik.

________________________________________
[i] Arisandy, Y. (2013, July 23). OJK Jatuhkan Sangsi Edukasi ke Yusuf Mansyur. Diunduh 19 Februari 2014, dari antaranews.com. Link tersedia di sini.

Leave a Reply
<Modest Style