Modest Style

Tulislah Kisah Hidupmu Sendiri

,

Menulis resolusi Tahun Baru Anda adalah langkah awal untuk mewujudkannya, kata Mariam Sobh.

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Orang-orang sering menyerah dengan resolusi Tahun Barunya dalam beberapa minggu saja atau sementara menyingkirannya. Saya sudah memutuskan bahwa saya tidak akan menjadi orang-orang yang tidak memenuhi resolusi tahun barunya. Mungkin terdengar klise, tapi saya telah membuat banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir dan kebanyakan sesuai dengan misi saya untuk maju ke depan dan fokus pada hal-hal baik yang terjadi pada saya.

Saya ingat ketika tahun 2013 datang dan menulis di jurnal harian tentang betapa akan menakjubkannya tahun tersebut. Saya berencana banyak untuk masa yang akan datang. Dan Anda tahu apa? Tahun 2013 benar-benar menjadi tahun yang menakjubkan. Saya menuliskan hal-hal yang ingin saya capai, seakan-akan hal-hal tersebut sudah terjadi ketimbang menulisnya dengan penuh khayalan. Contohnya, saya menulisan “Saya akan diterima di Lembaga Pendidikan Seni di Second City Training Center. Dan saya yakin Anda tahu apa yang akan saya katakan….dengan menuliskannya memang berhasil, karena saya diterima di sana.

Cara ini sering digunakan sebagai guru pertolongan pada diri sendiri. Poin dari praktik ini adalah memvisualisasikan masa depan Anda dan bertindak seakan-akan hal itu sudah terjadi; ini bukan sulap, oleh karena itu Anda harus  berusaha dengan sepenuh hati dan pikiran untuk melakukannya. Saya pikir hal tersebut berhasil karena itu memaksa Anda untuk fokus kepada hal-hal yang positif dan melihat apa yang sedang Anda capai. Anda mulai menyadari momen-momen dalam hidup yang biasanya tidak Anda hiraukan, karena itu pada akhirnya menjadi seperti puzzle yang terangkai satu sama lain.

Contoh lain dari praktik ini adalah jika saya menuliskan “Saya mengalami tahun yang terbaik karena hal-hal yang ingin saya lakukan benar-benar terjadi. Saya belajar menyelam dan mengajak anak-anak berlibur ke luar negri yang tak terlupakan”. Ketika Anda menaruh pikiran-pikiran tersebut ke dalam secarik kertas, hal-hal tersebut akan terprogram ke otak Anda secara tidak sadar. Tiba-tiba Anda melihat  kelas menyelam dan langsung mendaftarkan diri daripada menunda-nunda. Selain itu, Anda menerima sebuah email berisi paket liburan. Anda pun memesannya, dan liburan Anda pun sekarang menjadi kenyataan.

Pada dasarnya, Anda bekerja keras untuk membuat cerita yang Anda tulis menjadi kenyataan di tahun berikutnya. Cara yang saya lakukan adalah menulis apa yang saya bayangkan untuk satu tahun penuh. Lalu, di akhir tahun, saya akan mengingat kembali betapa banyak yang telah menjadi nyata. Tentu saja strategi ini bukan sesuatu yang akan terjadi begitu saja. Saya tidak bermaksud bahwa jika Anda menulis “Saya sekarang adalah seorang jutawan” maka hal tersebut besok langsung terjadi. Tapi hal-hal yang akan membawa Anda lebih dekat dengan kekayaan bisa saja mulai terangkai. Mungkin Anda memiliki bisnis yang baru saja dimulai, dan dalam beberapa tahun Anda akan menjadi jutawan. Mungkin jaringan Anda dengan orang lain akan meluas dan Anda lebih terpacu untuk bekerja lebih keras ketimbang sekedar menonton televisi. Ini karena Anda memindahkan pikiran tersebut ke dalam kertas dan sekarang hal itu melekat pada memori.

Apakah ada hal-hal yang ingin Anda capai tahun ini? Jika ya, mulailah menuliskannya!

Leave a Reply
<Modest Style