Modest Style

Tip Seorang Ibu: Mengubah Disiplin jadi Hal yang Menyenangkan

,

Amenakin adalah penggemar berat dari tiga tip yang secara ajaib telah berhasil mendisiplinkan anak-anaknya. Minggu ini, ia membaginya dengan semua ibu (dan para ayah!).

WP-turning-discipline1

Menjadi orangtua memunculkan kejutan–banyak kejutan. Bahkan, setiap hari saya menemukan sesuatu yang baru tentang anak-anak saya, saya, atau hidup saya. Menjadi ibu benar-benar mengubah segalanya.

Saya sangat percaya pada pilihan pengasuhan pribadi, saya percaya bahwa setiap orang memiliki gaya pengasuhan mereka sendiri, dan tidak mungkin ada dua pasang orangtua yang memiliki sistem dan metode pengasuhan yang sama persis. Selama hasilnya adalah anak-anak yang sehat dan bahagia, misi itu tercapai. Saya ibu dari anak laki-laki berumur 3 tahun dan seorang gadis kecil yang usianya hampir 2 tahun. Alhamdullilah. Mereka adalah hidup saya, dan menjadi orangtua adalah hal terbaik yang pernah terjadi pada diri saya. Sejauh ini, saya telah menemukan beberapa tip yang membuat semua berjalan lancar bila Anda memiliki banyak pekerjaan sekaligus. Minggu ini, saya akan berbagi beberapa di antaranya:

Bangunlah Rutinitas

Setiap anak yang pernah saya kenal menyukai rutinitas. Entah itu anak-anak di tempat penitipan anak atau di rumah, rutinitas membuat mereka dapat memprediksi hal-hal tertentu serta memberi mereka kenyamanan karena mengetahui apa yang akan terjadi.

Di rumah, waktu makan malam dan tidur yang teratur, misalnya, dapat dengan ajaib menenangkan anak Anda. Rutinitas waktu tidur atau sarapan memungkinkan anak-anak untuk memahami lingkungan mereka dengan lebih baik, dan mengembangkan kemandirian secara bertahap selagi mereka bertumbuh.

Selama seminggu, saya memiliki satu set rutinitas pagi bersama anak-anak saya sebelum mereka pergi ke taman bermain. Setelah itu, sisa hari tersebut cukup terjadwal, dengan beberapa variasi yang disesuaikan dengan kebutuhan putra dan putri saya. Namun, waktu makan malam dan tidur, ditetapkan karena hal ini benar-benar menenangkan anak-anak saya dan memungkinkan mereka untuk beristirahat sepenuhnya.

Anak-anak menemukan kenyamanan dalam bimbingan dan ingin dipandu ke arah yang benar karena hidup bisa sangat membingungkan dan sibuk.

Seimbangkan Disiplin dengan Hadiah

Seperti halnya anak-anak diuntungkan oleh rutinitas, saya mendapati bahwa mereka juga mendambakan disiplin. Sungguh! Saya pernah mengajar di sekolah-sekolah di mana para siswa benar-benar menghormati guru yang disiplin – secukupnya, tentu saja. Anak-anak menemukan kenyamanan dalam bimbingan dan ingin dipandu ke arah yang benar karena hidup bisa sangat membingungkan dan sibuk bagi mereka. Namun, sebagaimana ‘time-out’ berhasil menenangkan mereka atau menjinakkan tantrum, sama pentingnya untuk mengenali kapan anak bersikap baik dan berhak mendapatkan hadiah.

Saya memperkenalkan ‘tabel hadiah’ kepada anak-anak saya dan tidak pernah menyesalinya! Anda dapat membuat tabel hadiah sendiri dan membeli beberapa stiker hadiah yang bagus dari toko kerajinan atau toko alat tulis. Saya mengambil cara mudah dengan membeli beberapa tabel dari WH Smith. Tulis nama anak-anak Anda pada tabel tersebut, tempelkan di tempat yang terlihat sehingga mereka bisa merasa bangga terhadap prestasi mereka, dan tadaaa… sistem manajemen perilaku yang menyenangkan pun siap digunakan!

Waktu Berkualitas

Cobalah untuk menghabiskan waktu yang berkualitas di mana hanya Anda dan anak-anak melakukan sesuatu yang mereka nikmati. Kegiatan seperti membaca buku, membuat karya seni, menciptakan sesuatu, bercerita, menyanyikan lagu-lagu kanak-kanak–apa pun yang disukai anak-anak Anda. Dengan begitu, meskipun mereka berada di sekitar kita ketika kita sibuk, mereka dapat melihat bahwa kita meluangkan waktu untuk mereka dan memiliki perhatian yang tulus pada mereka. Libatkan anak-anak kita pada kegiatan yang menyenangkan bagi mereka dan bagi kita sendiri; Bagaimanapun, kita semua senang membiarkan jiwa kanak-kanak di dalam diri kita keluar untuk bermain!

Flag for copyright

[Not a valid template]
Leave a Reply
<Modest Style