Saran-saran sederhana untuk shalat subuh tepat waktu

,

Sering melewatkan shalat subuh? Langkah-langkah berikut bisa dicoba. Dibagi oleh Miranti Cahyaningtyas.

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Kalau ada shalat wajib yang jika ditinggalkan membuat kita rugi besar, itulah shalat subuh. Al-Qur’an menyebutkan dengan eksplisit bahwa shalat subuh disaksikan oleh para malaikat (17:78). Dalam hadits pun disebutkan bahwa siapa pun yang melaksanakan shalat subuh, maka ia selalu berada dalam lindungan Allah SWT.[i]

Namun karena waktunya yang ada di awal hari, tidak jarang ada saja kesulitan atau tantangan tersendiri bagi beberapa orang untuk melaksanakannya. Shalat subuh bahkan disebut-sebut sebagai salah satu shalat yang paling berat dilaksanakan, selain shalat isya’.[ii] Ini agak masuk akal mengingat di saat-saat inilah tubuh terasa paling letih dan mata terasa amat berat.

Bagaimana caranya agar kita selalu sigap melaksanakan shalat subuh tepat waktu agar mendapat perlindungan Allah dan menjadi orang-orang terpilih yang tidak terlena nikmat tidur? Beberapa hal berikut mungkin dapat membantu.

Persiapan dalam memastikan keberhasilan kita melaksanakan shalat subuh tepat waktu harus dilakukan dari tiga sisi: pikiran, jiwa, dan raga.

Pikiran

Sebelum tidur, tanamkan di pikiran kita betapa mulianya shalat subuh, betapa kita ingin mendapat kemuliaan tersebut. Tanamkan keyakinan bahwa kita bisa mendapat kemuliaan dan berkah tersebut, serta tidak ada yang bisa menghalangi kita – bahkan keinginan kembali tidur yang amat sangat sekali pun.

Jiwa

Berniatlah dengan ikhlas. Niatkan diri ingin memiliki kesempatan “berkencan” dengan-Nya dan mendapatkan perlindungan-Nya saat berhasil melaksanakan shalat. Dan yakinlah bahwa Anda akan berhasil, agar Sang Maha Kuasa juga memastikan niat tersebut terjadi.

Raga

Apalah artinya jika jiwa dan pikiran sudah seiya sekata namun tubuh tidak dimampukan untuk menjadi medium yang baik dan dapat diajak bekerja sama. Jika tidak ada hal mendesak, jangan tidur larut malam agar tubuh tidak terlalu letih dan tidur terlalu lelap saat subuh tiba.

Minumlah air putih setidaknya segelas sebelum tidur. Selain membantu regenerasi sel saat tubuh diistirahatkan, metabolisme tubuh akan memaksa Anda buang air kecil di sekitar waktu subuh.

Jangan lupa juga memasang alarm; seberapa pun Anda berserah diri untuk dibangunkan oleh Allah SWT, Anda pun harus berusaha untuk mewujudkan niat. Jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu sensitif terhadap gangguan suara saat tidur, jangan ragu untuk memasang lebih dari satu alarm atau minta bantuan orang lain untuk membangunkan.

________________________________________

[i] Diriwayatkan oleh Jundub bin Sufyan. Kitab Muslim. Dapat dilihat di sini.
[ii] Diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Kitab Al-Bukhari dan Muslim. Dapat dilihat di sini.

Leave a Reply
Aquila Klasik