Melawan kantuk setelah tahajud

,

Sering mengantuk di siang hari karena melaksanakan tahajud? Ada banyak cara untuk mengatasinya. Oleh Miranti Cahyaningtyas.

WP tahajud tanpa kantuk (Fotolia)
(Gambar: Fotolia)

Setelah sebelumnya kita membahas cara-cara agar tidak melewatkan shalat subuh, kali ini mari kita membahas soal shalat tahajud, yang disebut juga shalat malam atau qiyamul lail. Shalat yang idealnya dilaksanakan pada sepertiga akhir malam ini di Al-Qur’an sering disebut sebagai ibadah sunnah yang paling membuat kita merasa dekat Sang Maha Pencipta (17:79, 73:6). Rasa kedekatan itu dapat tercipta karena ibadah ini dilakukan pada waktu bahkan ayam masih lelap tertidur dan bisa jadi satu-satunya suara yang terdengar adalah suara jangkrik. Suasana malam yang sepi membawa suasana syahdu, intim, bersih, romantis.

Tidak heran banyak di antara kita yang ingin secara rutin melaksanakannya – meskit terkadang sambil digayuti kegelisahan akan menjadi zombie saat berkegiatan di siang hari karena mengantuk, atau karena bangun terlalu pagi dan kemudian tidak dapat tidur kembali.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi atau bahkan menghilangkan rasa kantuk di siang hari.

Tidur cukup

Ada orang yang cukup tidur hanya lima jam atau bahkan kurang dari itu. Ada orang yang harus tidur sekaligus berjam-jam, ada pula yang mampu membagi waktu tidurnya. Pahami kebutuhan dan kecukupan tidur Anda, kemudian cocokkan dengan target waktu tahajud Anda. Misalnya, jika Anda adalah tipe orang yang harus tidur tujuh jam agar merasa tubuh segar untuk beraktivitas, idealnya paling lambat pukul Sembilan malam Anda sudah harus terlelap. Jika Anda merasa tidur Anda di malam hari masih kurang, gunakan jeda waktu di antara kegiatan sehari-hari untuk beristirahat.

Tidur berkualitas

Kualitas tidur memegang peranan penting untuk memastikan kebutuhan tidur Anda terpenuhi. Tidur lelap selama 15 menit saja bisa jadi lebih baik dibandingkan tidur tiga jam yang gelisah. Jika merasa tidur malam Anda kurang berkualitas, cari tahu penyebabnya, dan sembuhkan.

Regangkan tubuh

Ketika rasa kantuk datang menyerang dan tidur siang tidak dapat dilakukan karena sedang bertemu klien, bagaimana? Jangan panik. Pergilah berjalan-jalan ke toilet atau lakukan peregangan di tempat Anda. Tujuannya untuk memperlancar peredaran darah dan membuat tubuh kembali aktif.

Mengunyah permen karet juga bisa membuat Anda tetap terjaga karena mekanisme kunyahan memicu otak untuk terus aktif.

Membersihkan diri

Kantuk juga bisa datang dari rasa penat yang diperparah oleh debu dan kotoran yang menempel. Pergilah ke toilet untuk mencuci muka, menyikat gigi atau menyeka leher dan lengan menggunakan lap basah.

Ada banyak cara mengenyahkan atau mencegah kantuk di siang hari. Semoga kantuk tidak menjadi penghalang Anda untuk shalat tahajud dengan rutin!

Leave a Reply
Aquila Klasik