Modest Style

Saudi Arabia Mencatat Pengacara Perempuan Pertama

,
(Gambar: SXC)
(Gambar: SXC)

RIYADH, 9 April 2013 (AFP) – Saudi Arabia telah mendaftar perempuan pertama kandidat advokat, membuka jalan bagi para perempuan untuk bekerja sebagai pengacara di sebuah kerajaan di mana hukum syariah Islam diterapkan dengan ketat, ujar seorang aktivis pada hari Selasa lalu. “Sekarang jalan sudah terbuka untuk para perempuan mendapatkan izin praktik pengacara, setelah didaftarkannya Arwa al-Hujaili sebagai kandidat pengacara pertama,” jelas aktivis HAM Walid Abulkhair kepada AFP.

Abulkhair mengunggah di akun Twitter-nya sebuah salinan sertifikat kementerian hukum untuk pendaftaran Hujaili.

“(Kandidat) pengacara harus dikontrak oleh seorang pengacara yang sudah berpraktik selama lebih dari lima tahun… dan harus magang tidak kurang dari tiga tahun,” ujarnya.

Seorang kandidat pengacara diperbolehkan untuk berpraktik, katanya.

Langkah kementerian ini dapat mendongkrak status perempuan di kerajaan yang sangat konservatif ini, di mana perempuan membutuhkan izin dari wali laki-lakinya untuk hampir semua prosedur hukum. Perempuan juga dilarang menyetir kendaraan dan harus menutup tubuh dari kepala sampai ujung kaki ketika di tengah publik.

Pada bulan Oktober, kementerian mengatakan pengacara perempuan diizinkan untuk melakukan pembelaan kasus di persidangan mulai bulan November 2012. Namun janji itu tidak terlaksana. Para perempuan lulusan hukum melancarkan sebuah kampanye di tahun 2011 yang menuntut adanya izin melakukan pembelaan di persidangan.

Leave a Reply
<Modest Style