Modest Style

Rahasia meraih mimpi

,

Apapun mimpi Anda, hanya ada satu kata kunci untuk meraihnya.

Foto: iStock
Foto: iStock

Apa cita-cita Anda? Menjadi seorang dokter, mengelola sebuah bisnis ataukah menjadi seorang aktor terkenal?

Saya yakin setiap orang, terutama yang masih berjiwa muda dan ambisius, memiliki cita-cita besar yang ingin mereka capai dalam hidupnya. Terkadang, impian kita tertambat pada sesuatu yang tak terbayangkan akan bisa kita capai dalam hidup kita.

Saya pun begitu. Sejak dulu, saya berambisi besar untuk bersekolah di Eropa, benua yang biasanya menjadi magnet bagi para pelancong yang berasal dari wilayah ekuator. Saya selalu ingin menapakkan kaki di benua biru, menjelajahi kota-kota cantiknya, mengagumi kekayaan budayanya dan pulang dengan sejuta pengalaman indah dan berharga.

Saat ini, saya adalah seorang “pejuang beasiswa”, alias seseorang yang berusaha mendapatkan beasiswa untuk menggapai mimpi saya tadi. Selama satu tahun terakhir, saya secara resmi sudah menerima penolakan dari dua program beasiswa yang berbeda dan saat ini sedang memperjuangkan satu program beasiswa lagi. Di sela-sela perjuangan saya yang kerap berakhir dengan kegagalan, tidak terhitung saat-saat di mana saya merasa sedih, kecewa dan bahkan frustasi.

Orang yang sungguh-sungguh selalu menemukan jalan, sedangkan orang yang tidak sungguh-sungguh selalu menemukan alasan.

Tantangan, kegagalan dan kesulitan merupakan hal-hal yang tidak bisa dihindari ketika kita menginginkan sesuatu yang besar. Itu semua adalah harga yang harus kita bayar untuk kebahagiaan meraih mimpi. Butuh kesabaran dan kekuatan hati untuk melewati semua tantangan itu. Namun, jika Anda cukup gigih menghadapi semuanya, maka impian itu akan terasa semakin dekat dan nyata.

Kegigihan dalam menekuni proses meraih cita-cita juga acapkali diiringi dengan rasa cemas dan pikiran negatif. Namun sejauh ini, menurut saya kunci untuk menggapai mimpi yang besar hanyalah satu kata: fokus.

Ketika berada dalam situasi yang mengecewakan, menyerah adalah pilihan termudah karena pada saat itu diri Anda akan dikuasai oleh pikiran negatif. Keraguan merasuk dalam pertanyaan, “Apakah saya layak dan mampu mendapatkan apa yang saya inginkan?”

Tapi tugas Anda bukanlah menghakimi diri sendiri akan hasil yang Anda ingin raih. Yang perlu Anda pikirkan adalah berbagai macam strategi dan cara untuk meraih impian Anda. Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, jangan berhenti berinovasi dan perkayalah diri Anda dengan ilmu kewirausahaan. Jika Anda ingin menjadi seorang artis, ikutilah berbagai macam kompetisi dan casting yang memungkinkan Anda untuk berkiprah di layar kaca. Jika Anda ingin sekolah di luar negeri – seperti saya – pastikan Anda memiliki nilai IELTS/ TOEFL yang memenuhi syarat serta rekam akademik yang bagus.

Ingat, satu upaya saja tidak akan cukup untuk membantu mendapatkan apa yang Anda inginkan. Perbanyak dan pergiatlah usaha Anda untuk memperbesar peluang Anda. Di antara seribu peluru yang Anda tembakkan, pasti akan ada satu peluru yang nantinya mengenai sasaran. Pelajari faktor-faktor yang mempertinggi tingkat keberhasilan Anda, dan kurangi hal-hal yang sia-sia. Begitu seterusnya.

Tidak dipungkiri, terkadang kebosanan dalam berusaha juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari mimpi Anda. Namun, ingatlah pepatah ini: orang yang sungguh-sungguh selalu menemukan jalan, sedangkan orang yang tidak sungguh-sungguh selalu menemukan alasan. Seberapa seriuskah Anda dengan mimpi Anda?

Pada akhirnya, untuk menenangkan jiwa kita yang acapkali resah ketika sedang berjuang meraih mimpi, ingatlah kebesaran Tuhan. Di balik semua yang terjadi, ada rencana Tuhan di baliknya. Tidak ada satu hal pun di bumi ini yang luput dari perhatian dan pengetahuan-Nya – termasuk juga kegagalan dan keberhasilan Anda. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencari hikmah di balik semua peristiwa tersebut.

Selamat berjuang meraih mimpi Anda!

Leave a Reply
<Modest Style