Modest Style

Presiden Iran Kecam Holocaust

,
Sebuah foto selebaran oleh lembaga kepresidenan Iran menampilkan Presiden Iran Hassan Rowhani. AFP Photo/HO/Iranian Presidency Website
Sebuah foto selebaran oleh lembaga kepresidenan Iran menampilkan Presiden Iran Hassan Rowhani. AFP Photo/HO/Iranian Presidency Website

PBB, 25 September 2013 (AFP) – Presiden Iran Hassan Rowhani, Selasa, mengecam Holocaust sebagai ‘tercela’ dalam isyarat baru perubahan radikal oleh pemerintah Teheran.

‘Setiap kejahatan yang terjadi dalam sejarah terhadap kemanusiaan, termasuk kejahatan Nazi yang dilakukan terhadap orang Yahudi, adalah tercela dan terkutuk,’ kata pemimpin yang baru terpilih itu kepada CNN dalam sebuah wawancara.

‘Kami mengutuk segala bentuk kriminalitas yang mereka lakukan terhadap orang-orang Yahudi. Merenggut nyawa manusia adalah perbuatan hina,’ katanya, menurut terjemahan siaran AS.

‘Tidak ada bedanya apakah itu nyawa (orang) Kristen, Yahudi, atau Muslim. Bagi kami itu sama,’ tambah Rowhani, yang melakukan pidato pertamanya pada Sidang Umum PBB Selasa sebelumnya.

Namun, presiden juga secara implisit mengkritik pembentukan negara Israel, musuh bebuyutan rezim ulama Iran, sebagai tanah air Yahudi.

Holocaust ‘tidak berarti kita bisa mengatakan Nazi melakukan kejahatan terhadap suatu kelompok sehingga mereka boleh merebut tanah kelompok lain dan menempatinya,’ katanya.

Rowhani terpilih pada bulan Juni menggantikan Mahmoud Ahmadinejad, yang merupakan kritikus keras atas Israel dan mempertanyakan kebenaran Holocaust.

Pernyataan Ahmadinejad membuat marah Israel, yang masih bersikukuh dengan tindakan militer terhadap program nuklir Iran yang diperdebatkan itu. Negara ulama ini menegaskan bahwa program nuklir mereka adalah untuk tujuan damai.

Leave a Reply
<Modest Style