Modest Style

Parodi ‘No Woman, No Drive’ Saudi Mendunia

,

RIYADH, 28 Oktober 2013 (AFP) – Sebuah video Saudi yang memperolok aturan unik di kerajaan ini yang melarang perempuan mengemudi telah mendunia. Video ini menampilkan seorang penampil laki-laki yang bernyanyi “No Woman, No Drive”, sebuah adaptasi dari lagu Bob Marley yang terkenal.

Hampir 3,5 juta orang telah melihat video berdurasi 4:15 menit itu pada hari Senin, dua hari setelah adaptasi dari legenda reggae “No Woman, No Cry” tersebut diposting di YouTube.

“Aku ingat dulu kau biasa duduk, di mobil keluarga, tetapi di kursi belakang,” demikian isi nyanyian Hisyam Fageeh, seorang Saudi yang memperkenalkan dirinya sebagai seorang seniman aktivis sosial, yang mengenakan jubah thawb tradisional putih dan tutup kepala merah kotak-kotak.

Video itu dengan sarkastik menganjurkan perempuan agar jangan duduk di belakang kemudi dan diposting pada hari yang ditetapkan oleh para aktivis perempuan untuk meluncurkan kampanye baru menentang larangan kerajaan terhadap perempuan mengemudi.

Setidaknya 16 perempuan dihentikan oleh polisi selagi mengemudi pada hari Sabtu lalu. Mereka didenda dan dipaksa bersama dengan wali laki-laki mereka berjanji untuk mematuhi hukum kerajaan yang konservatif.

Fageeh melanjutkan dengan mengejek pernyataan ulama Saudi bahwa mengemudi akan merusak indung telur perempuan dan menimbulkan “gangguan klinis” pada anak-anak mereka.

“Ovarium aman dan baik, jadi kau dapat membuat banyak sekali bayi,” ia bernyanyi.

“Di masa depan yang cerah ini, jangan lupakan masa lalu, jadi simpanlah kunci mobilmu,” lagunya berlanjut.

Wanita yang di masa lalu telah menentang larangan ini, yang bahkan tidak tercantum dalam undang-undang, telah mengalami masalah dengan pihak yang berwajib.

Pada tahun 1990, 47 perempuan yang duduk di belakang kemudi dalam demonstrasi menentang larangan mengemudi dihentikan oleh pihak berwenang.

Pada tahun 2011, polisi menangkap sejumlah perempuan yang menentang larangan tersebut dan memaksa mereka untuk menandatangani janji untuk tidak mengemudi lagi.

Perempuan Saudi, beberapa di antaranya terpaksa menutup diri dari kepala sampai kaki, masih perlu izin dari wali laki-laki untuk bepergian, bekerja, dan menikah.

Festival Komedi Arab-Amerika New York bulan ini memperkenalkan Fageeh sebagai komika yang tengah naik daun yang membawakan lawakannya dalam bahasa Arab dan Inggris.

Leave a Reply
<Modest Style