Modest Style

Muslimah Finlandia bersatu kenalkan hijab

,

Sekelompok wanita muda ambisius mendirikan Hijabiksi, sebuah proyek pemuda yang bertujuan mengurangi ketakutan masyarakat akan hijab. Oleh Kochar Mahmoodi.

[Not a valid template]

Kami menyebut diri Northern Hijabees dan kami sebenarnya berasal dari seluruh penjuru dunia, yang memperkaya kami sebagai manusia dan juga proyek kami. Ada 24 orang – berusia antara 15 dan 29 tahun – yang terlibat dalam proyek ini dan berasal dari latar belakang berbeda: Somalia, Kurdi, Irak, Turki, Palestina, dan Albania hanya beberapa di antaranya. Ada dua perempuan asli Finlandia dalam kelompok kami, dan hanya sedikit di antara kami yang lahir di Finlandia, sementara yang lainnya pindah ke sini saat masih kecil. Kebanyakan dari kami masih bersekolah dan sebagian bekerja.

Beberapa dari kami mengenakan hijab dan beberapa tidak, namun kami semua mencintai Allah. Kami memiliki saat-saat membahagiakan dan menyedihkan, dan itu membuat kami lebih kuat dan dekat sebagai teman dan saudari dalam Islam.

Bertahun-tahun, kami terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan. Kami mengadakan acara olahraga, buka bersama, dan nonton bareng; kami berkemah dan mengadakan dars atau pelajaran Islam rutin setiap pekan. Dan berikut adalah beberapa pertanyaan serius namun lucu yang pernah dilontarkan orang-orang pada kami:

1. Apakah Anda tidur dengan mengenakan hijab?
2. Apakah Anda mandi dengan mengenakan hijab
3. Dapatkah Anda tersenyum saat mengenakan hijab?
4. Apakah Anda menjadi orang Arab, karena hijab tersebut?
5. Apakah Anda menutupi kepala yang botak dengan hijab Anda?
6. Dapatkah Anda mendengar saya berbicara?

Kami bertanya-tanya, “Mengapa tempat kami tumbuh besar sangat diskriminatif terhadap orang asing dan terutama perempuan Muslim yang mengenakan hijab? Bahkan dengan semakin banyaknya orang Finlandia asli yang menjadi mualaf dan mengenakan hijab, mereka juga mengalami diskriminasi ini. Mengapa banyak non-Muslim berpikiran bahwa masalah hijab itu tabu atau melanggar hak azasi perempuan? Kami ingin dapat berdiskusi dengan non-Muslim mengenai hal ini. Kami ingin melakukan sesuatu mengenai hal ini; menyuarakan pikiran kami dan didengar.

Semua ini bermula saat seorang karyawan Pusat Mobilitas Internasional (CIMO), sebuah badan yang sebagian pendanaannya berasal dari pemerintah, menyadari partisipasi aktif kami dalam masyarakat Finlandia. Ia mendorong kami mengambil bagian dalam program Pemuda Uni Eropa Bertindak, yang mendukung proyek-proyek yang memberikan kesempatan belajar non-formal lokal atau internasional untuk dan dengan orang muda.

Kami mengadakan sebuah sesi pelatihan dengan CIMO, di mana kami mendiskusikan posisi perempuan Muslim di kota kami, Turku. Kami menyepakati banyaknya prasangka terhadap orang asing, dan terutama perempuan Muslim. Saat itulah kami memulai pendaftaran proyek Hijabiksi, yang diterima pada November tahun lalu.

Hijabiksi merupakan gabungan dari kata “hijab” dan “-iksi”, yang dalam bahasa Finlandia bermakna “menjadi sesuatu”. Jika digabungkan, kedua kata ini mewakili seseorang yang mengenakan hijab. Proyek Hijabiksi bertujuan mematahkan prasangka terhadap kerudung dengan meningkatkan pengetahuan orang tentang hijab.

Kami sedang mempersiapkan, Insya Allah, sebuah acara luar ruangan di pusat kota Turku pada 7 Juni, di mana kami akan mendirikan sebuah tenda dengan sebuah pojok foto kecil. Orang-orang yang melintas boleh melontarkan pertanyaan, mencoba mengenakan hijab, dan memotret diri mereka dalam balutan hijab. Rencananya kami akan memajang foto-foto yang didapat pada acara tersebut dalam sebuah galeri pada 18 Juni.

Kami ingin membicarakan tentang pemaknaan kami akan hidup dan memperlihatkan identitas kami. Kami harap proyek ini menginspirasi Muslim lain, terutama perempuan. Kami tidak hanya berharap untuk meningkatkan pengetahuan tentang hijab, namun juga menciptakan kesatuan sosial dalam masyrakat dan antara budaya yang berbeda. Tujuannya bukan untuk mengubah pendapat siapapun namun untuk meningkatkan pemahaman dan toleransi, dan mendorong cara pandang terhadap dunia yang lebih terbuka.

Ikuti pengalaman kami sehari-hari sebagai pengguna hijab di Finlandia di blog Hijabiksi

Leave a Reply
<Modest Style