Modest Style

Menggenggam berkah Ramadhan dalam ponsel pintar

,

Karena kelancaran ibadah seharusnya berbanding lurus dengan kemajuan teknologi. Oleh Miranti Cahyaningtyas.

3001 WP Menggenggam berkah (iStock)
Gambar: iStock

Marhaban Ya Ramadhan.

Senang sekali ya, kita kembali tiba di bulan suci Ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan? Sebagai umat Muslim, tentunya kita ingin mempergunakan saat-saat berharga ini untuk mengejar ketertinggalan ibadah-ibadah kita yang lalu. Jika bisa, kita ingin mengisi keseharian hanya dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Namun kenyataannya, tidak semua orang cukup beruntung memiliki cukup keluangan waktu untuk memfokuskan diri pada ibadah ritual semata, terlebih lagi dengan tuntutan zaman yang serba sibuk dan cepat seperti sekarang ini. Lantas bagaimana kita dapat menyiasati agar tetap dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari sambil memperbaiki ibadah?

Berikut ini, saya ingin berbagi cara menunjang kelancaran ibadah dengan bantuan beberapa aplikasi ponsel khusus Ramadhan.

01 buku saku ramadhan

Buku saku Ramadhan. Di dalam panduan ini, Anda dapat menemukan pengetahuan tentang segala hal yang berkaitan dengan Ramadhan. Mulai dari keutamaan bulan ini, keutamaan puasa, syarat wajib puasa, petunjuk shalat, doa, amalan, dan masih banyak lagi yang dilengkapi dengan referensi Qur’an dan hadits. Pengingat dan tuntunan ini sangat berguna baik bagi Anda yang sudah lama menjadi Muslim maupun baru menjadi mualaf.

Aplikasi Buku Saku Ramadhan tersedia untuk sistem operasi Android di sini. Pengguna iOS dapat menggunakan aplikasi Ramadhan 2014 yang memiliki konten serupa.

02 jadwal

Jadwal imsakiyah. Berisi jadwal adzan semua wilayah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke – sesuai wilayah pilihan Anda – berdasarkan data dari Kementerian Agama. Jadwal adzan yang lengkap ini sangat membantu saat Anda sedang berada di tempat-tempat di mana tidak terdapat masjid atau di suatu lokasi di mana suara adzan tidak dapat terdengar dengan baik. Dengan jadwal ini, Anda juga dapat menjadwalkan waktu bangun atau menyesuaikan jadwal sehari-hari dengan waktu shalat.

Tersedia bagi pengguna sistem operasi Android di sini.

03 iQuran

iQuran. iQuran merupakan aplikasi Qur’an digital karya pengembang Guided Ways yang memang berfokus pada penyediaan beragam aplikasi Islami. Memiliki Qur’an digital tentunya akan sangat berguna, terlebih jika Anda memiliki target khatam Qur’an di bulan Ramadhan. Bukan itu saja, iQuran juga menyediakan fitur pembacaan ayat Qur’an (murottal) serta terjemahan dalam berbagai bahasa, termasuk salah satunya Bahasa Indonesia.

Pengguna sistem operasi Android and iOS dapat mengunduh iQuran dari laman pengembang di sini.

04 ibadah

Evaluasi ibadah. “Dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok” (QS. 59:18). Demikian Al-Qur’an mengingatkan kita untuk selalu berkaca atas perbuatan yang kita lakukan, untuk menimbang diri sendiri sebelum menilai orang lain. Tentunya bulan penuh ampunan ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali melihat dan berbincang jujur dengan diri kita.

Aplikasi Ibadah Evaluation untuk Android dan Ramadan Tracker untuk iOS dapat membantu kita mencatat dan menimbang sebaik apa ibadah kita. Selain untuk merekam amalan, aplikasi ini juga memungkinkan Anda memasukkan target dalam pelaksanaan ibadah-ibadah tertentu, seperti membaca Qur’an atau shalat malam.

01 indo tts

IndoTTS. Aplikasi permainan asah otak yang satu ini memang bukan aplikasi yang wajib Anda miliki. Namun tidak ada salahnya memiliki pelarian saat Anda sedang jenuh membaca Qur’an, tidak dapat tidur atau tidak ada kesibukan selain menjelajahi media sosial tanpa tujuan – alih-alih aktivitas ini akan berujung pada mengurusi masalah orang lain atau penyebaran berita yang kurang bermanfaat. IndoTTS tersedia untuk pengguna sistem operasi Android di sini. Pengembang aplikasi ini juga cukup rajin menambahkan edisi spesial dalam menyambut momen-momen tertentu, termasuk Ramadhan.

02 ainun

Ainun. Nah, ini mungkin aplikasi yang akan digemari banyak pengguna ponsel pintar dan jejaring media sosial. Dengan Ainun, Anda dapat melengkapi foto-foto favorit Anda dengan berbagai hal, mulai dari filter foto seru, kutipan-kutipan Islami, kaligrafi indah, dan lain sebagainya sebelum mengunggahnya ke akun media sosial Anda.

Suntikkan semangat kepada teman-teman Anda yang sedang menghadapi masalah pekerjaan sambil menahan haus dan lapar melalui foto-foto motivasi Anda. Aplikasi Ainun tersedia untuk pengguna iOS dan versi Beta untuk Android.

03 kalkulator

Kalkulator zakat. Ramadhan tentu belum lengkap tanpa bersedekah lebih banyak serta kegiatan menghitung dan membayar zakat tahunan Anda. Jika biasanya Anda menyerahkan penghitungan zakat pada amil zakat di masjid setempat tanpa pernah benar-benar memahami perhitungannya, kali ini Anda dapat mencoba menghitung sendiri dengan bantuan aplikasi Kalkulator zakat bagi pengguna Android dan iZakat bagi pengguna iOS.Masing-masing aplikasi ini memiliki kelebihan mereka tersendiri, namun sama-sama mendorong pengguna untuk menggiatkan zakat.

04 muslim pro

Muslim Pro. Aplikasi ini memang pantas dijadikan pamungkas dalam daftar aplikasi Ramadhan ini karena fitur-fiturnya yang lengkap. Di mana pun Anda berada di seluruh dunia, tidak perlu khawatir melewatkan waktu shalat dengan fitur waktu shalat yang dapat Anda atur sesuai dengan posisi Anda. Berada di tempat tertutup tanpa petunjuk arah kiblat? Gunakan fitur penunjuk kiblat. Sedang dalam perjalanan ke tempat baru dan tidak tahu keberadan masjid? Anda dapat mencari lokasi masjid dengan fitur Muslim Pro. Qur’an digital? Ada. Daftar restoran halal? Ada juga.

Jika Anda ingin mencari tahu fitur-fitur apa lagi yang tersedia di Muslim Pro, sila unduh dari sini untuk Android dan dari sini untuk iOS.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda menjalani Ramadhan dengan lebih mudah serta lebih berarti. Jangan lupa berbagi informasi ini dengan orang-orang terkasih. Betapa indahnya mengejar ridha Allah bersama-sama.

Leave a Reply
<Modest Style