Modest Style

Masyarakat Istanbul unjuk rasa tolak pengungsi Suriah

,
-
Wanita Suriah mengemis bersama anak-anaknya di pusat kota Istanbul pada tanggal 16 Juli 2014. AFP Photo / Bulent Kilic

ISTANBUL (AFP) – Ratusan warga Istanbul yang marah atas kehadiran pengungsi Suriah bentrok dengan petugas kepolisian Senin pagi dalam sebuah unjuk rasa dengan kekerasan di pinggir kota terbesar Turki, menurut laporan.

Bentrokan tersebut adalah tindak kekerasan terakhir yang terjadi di tengah ketegangan meningkat antara warga asli Turki dan pengungsi Suriah yang melarikan diri dari perang sipil di negara mereka, yang jumlahnya telah mencapai 1,2 juta jiwa di Turki.

Unjuk rasa di distrik Ikitelli di timur Istanbul bagian Eropa dipicu oleh pernyataan yang menyebutkan bahwa beberapa pria muda Suriah telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis remaja, lapor kantor berita Dogan.

Gambar-gambar di televisi memperlihatkan sebuah kelompok berjumlah sekira 300 orang, bersenjatakan tongkat, pisau, dan parang, menyerang toko-toko dan mobil-mobil milik warga Suriah dan meneriakkan slogan anti-Suriah.

Mobil-mobil dihancurkan dan dijungkirbalikkan sementara jendela-jendela toko milik warga Suriah dengan tulisan Arab dirusak.

Polisi huru-hara, dengan menggunakan gas air mata dan meriam air, datang untuk mengurai unjuk rasa.

Kanal berita CNN-Turki menyebutkan bahwa lima wanita Suriah terluka dalam aksi tersebut.

Telah terjadi unjuk rasa penolakan terhadap kehadiran pengungsi Suriah di Turki selama pekan-pekan lalu, namun sejauh ini aksi hanya terjadi di bagian selatan dan tenggara, di mana kebanyakan pengungsi dikumpulkan.

Meski begitu, kehadiran para pengungsi ini juga terlihat secara nyata di Istanbul, karena kebanyakan di antaranya berusaha memenuhi kebutuhan hidup dengan mengemis.

[Not a valid template]

Unjuk rasa serupa yang dipicu oleh tuduhan bahwa seorang pengungsi Suriah telah menyiksa seorang anak Turki muncul pekan lalu di kota Iskenderun, wilayah Hatay di perbatasan Suriah.

Pasca unjuk rasa, dengan kekerasan tehadap kehadiran warga Suriah di kota tenggara Gaziantep bulan ini, pihak berwenang memindahkan ratusan pengungsi ke kamp-kamp pengungsi sebagai upaya menenangkan ketegangan.

Menurut badan bantuan Turki, sekitar 285.000 pengungsi Suriah tinggal di kamp-kamp di Turki namun jumlah yang lebih besar, 912.000, tinggal di luar kamp di kota-kota di seluruh negara.

Leave a Reply
<Modest Style