Modest Style

Gubernur kecam “aksi bodoh” terkait vandalisme masjid Polandia

,
poland
Masjid bersejarah dan Pemakaman Tatar didekatnya hancur. AFP Photo/ PAP/Artur Reszko

VARSOVIE, 29 Juni 2014 (AFP) – Pelaku vandalisme mencoreti masijd di wilayah Tatar di timur Polandia dengan grafiti, ujar seorang ketua masyarakat pada hari Minggu.

“Di bagian timur terdapat seekor babi, simbol menghina bagi masyarakat kami dan agama kami, serta hinaan lainnya,” ujar Bronislaw Talkowski, presiden masyarakat Tatar di desa tersebut, pada stasiun radio setempat.

Masjid kayu tersebut terletak di area pemakaman Muslim kuno di desa Kruszyniany di timur Polandia, dekat perbatasan Belarusia.

“Sulit memastikan siapa yang melakukannya namun jelas ini perbuatan kelompok terorganisasi,” tambah Talkowski.

Gubernur provinsi ibu kota wilayah Bialystok, Maciej Zywno, mengecam tindakan tersebut sebagai “aksi bodoh”, dan menyatakan bahwa pihak kepolisian telah meluncurkan investigasi untuk mencari tahu dalang dibalik kerusakan tersebut.

Satu pertanyaan yang timbul adalah kemungkinan terkaitnya penyerangan ini dengan masalah penyembelihan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Yahudi dan Muslim, yang telah dilarang sejak bulan Januari, dengan putusan parlemen dan sidang pengadilan terbaru yang akan segera dilaksanakan.

Leave a Reply
<Modest Style