Modest Style

Survei Sebut Singapura Kota Termahal Dunia

,

 

Dibandingkan dengan populasinya yang berjumlah 5,4 juta, Singapura adalah salah satu tempat dengan jumlah jutawan tertinggi di dunia. ©aimvotalphotos/shutterstock.com
Dibandingkan dengan populasinya yang berjumlah 5,4 juta, Singapura adalah salah satu tempat dengan jumlah jutawan tertinggi di dunia.
©aimvotalphotos/shutterstock.com

Meroketnya biaya kepemilikan mobil dan utilitas lainnya serta nilai mata uang yang kuat telah menjadikan Singapura kota termahal di dunia, menggeser Tokyo dari posisi teratas, menurut sebuah survei pada hari Selasa.

Sementara itu, yen Tokyo membuatnya merosot ke posisi keenam yang sebelumnya ditempati oleh Singapura berdasarkan survei Biaya Hidup Sedunia 2014 oleh Unit Intelijen Ekonomi (EIU).

“Tingginya kenaikan harga Singapura stabil dan tidak mengejutkan,” sebut sebuah laporan yang menyertai survei oleh lembaga riset tersebut.

Disebutkan bahwa kenaikan 40 persen pada dolar Singapura seiring dengan “inflasi harga yang solid” mendorong negara tersebut ke posisi teratas dari posisi ke-18 sepuluh tahun lalu dalam survei yang diadakan dua kali setahun tersebut.

Survei yang membandingkan harga 160 produk dan jasa di 140 kota tersebut bertujuan membantu perusahaan memperhitungkan uang saku para eksekutif yang dikirim ke luar negeri.

Laporan juga menyebutkan pembatasan kepemilikan mobil di Singapura, yang antara lain terdiri dari sistem kuota dan pajak tinggi, membuat “mengendarai mobil di negara tersebut menjadi jauh lebih mahal daripada di tempat lain di seluruh dunia”.

Sebuah Toyota Corolla Altis baru berharga AS$ 110,000 di Singapura dan hanya sekitar AS$ 35,000 di negara tetangga Malaysia.

“Selain itu, sebagai negara kota dengan sumber daya alam terbatas, Singapura sangat bergantung pada negara lain dalam hal pasokan energi dan air, yang menjadikannya negara tujuan termahal dalam hal biaya utilitas,” sebut laporan itu.

Turut ditekankan bahwa Singapura merupakan tempat termahal untuk membeli pakaian karena mal dan butik yang tersebar di pusat perbelanjaan Orchard Road, yang terkenal mengimpor merek-merek mewah Eropa untuk “memuaskan pangsa pasar yang kaya dan sadar mode”.

Dibandingkan dengan  populasi yang berjumlah 5,4 juta, Singapura menjadi salah satu tempat dengan kepadatan jutawan tertinggi di dunia. Pendapatan per kapita yang lebih dari AS$ 51,000 di tahun 2012 menyembunyikan kesenjangan pendapatan yang melebar antara yang paling kaya dan paling miskin.

Di Eropa, Paris naik enam tingkat dan menjadi kota termahal kedua di dunia, sebuah tren yang menurut EIU mengindikasikan pemulihan harga dan nilai mata uang Eropa.

“Sentimen yang meningkat di kota-kota Eropa yang mahal secara struktural berpadu dengan peningkatan  berkelanjutan di pusat-pusat Asia menunjukkan bahwa kedua wilayah tersebut terus memasok kebanyakan kota-kota termahal di dunia,” Jon Copestake, editor laporan tersebut, menyampaikan dalam sebuah pernyatan.

Laporan itu menyatakan bahwa kota-kota Eropa termasuk yang termahal dalam kategori rekreasi dan hiburan, mencerminkan “alokasi yang lebih besar untuk pemasukan tambahan”.

New York, yang dipergunakan sebagai pusat survei, menduduki posisi ke-26, sementara Sydney dan Melbourne masing-masing menempati posisi kelima dan keenam berkat kuatnya dolar Australia.

Caracas menduduki posisi keenam bersama Melbourne, Jenewa, dan Tokyo, namun EIU menyatakan bahwa posisi ibu kota Venezuela tersebut sebagian besar disebabkan oleh tingginya pembebanan nilai tukar resmi buatan.

“Jika sebaliknya nilai tukar pasar gelap yang diterapkan, Caracas akan dengan mudah menjadi kota termurah untuk ditinggali,” sebutnya.

Pusat perekonomian India Mumbai ditempatkan sebagai kota termurah dunia, bersama kota-kota Asia Selatan lain termasuk Karachi, New Delhi, dan Kathmandu di urutan terbawah.

Lima kota yang dinilai termahal secara berurutan adalah Singapura, Paris, Oslo, Zurich, dan Sydney. Caracas, Jenewa, Melbourne, dan Tokyo berbagi posisi keenam dan Kopenhagen berada di tempat kesepuluh.

Leave a Reply
<Modest Style