Modest Style

Sekolah Sufi merasa tersinggung dengan penggunaan simbol oleh perancang Italia

,

Perancang busana Italia Roberto Cavalli. AFP Photo / Giuseppe Cacace

PARIS, 11 Juni 2014 (AFP) – Perancang busana Italia Roberto Cavalli pada hari Kamis dituding membajak simbol sekolah Sufisme untuk mempromosikan parfum JustCavalli.

Kelompok Sufi Rights pada situsnya mengatakan bahwa mereka sedang bekerja sama dengan para pengikutnya untuk menyoroti “penghinaan yang telah dilakukan oleh Roberto Cavalli dengan menggunakan emblem mereka” pada parfum. Sufisme adalah salah satu aliran Islam.

Komentar tersebut mengikuti sebuah kampanye media sosial oleh para siswa di Twitter yang mengusung tagar #TakeOffJustLogo.

Sufi Rights menjelaskan tujuannya adalah untuk menyampaikan suara para Sufi dengan “melindungi kesucian keyakinan mereka” dan meningkatkan kesadaran tentang penyalahartian Sufisme.

Menurut organisasi tersebut, perancang Roberto Cavalli memutar simbol MTO Shahmaghsoudi School of Islamic Sufism – dua busur yang terhubung di tengah – sebanyak 90 derajat untuk mendapatkan bentuk simbol yang digunakan parfumnya.

Sekolah tersebut, yang tumbuh dari diaspora Iran, telah menyebar di beberapa negara.

Simbol tersebut telah “lama digunakan oleh para Sufi”, Farid Benaissa, salah satu penyelenggara gerakan tersebut menyampaikan pada AFP.

Sejumlah demonstrasi telah bermunculan di luar toko-toko Roberto Cavalli di Dallas, Los Angeles, New York, Washington, Dusseldorf, dan London. Sementara demontrasi lainnya sedang direncanakan, termasuk di Paris.

“Mereka (para siswa) menuntut penarikan semua produk yang menggunakan simb0l tersebut.” Ujar Sufi Rights, sekaligus menambahkan bahwa tuntutan tersebut didasari oleh penolakan penodaan karakter suci keyakinan mereka”.

Saat dihubungi oleh AFP di Paris, seorang perwakilan hubungan masyarakat rumah mode Roberto Cavalli menyatakan bahwa mereka “tidak ingin berkomentar apa-apa”.

Leave a Reply
<Modest Style