Mohammed: Nama laki-laki paling populer di ibu kota Norwegia

,

Nama Rasulullah SAW menjadi nama laki-laki yang paling banyak digunakan di ibukota Norwegia. Oleh Beta Nisa.

Foto: Damon Chan/Flickr
Foto: Damon Chan/Flickr

Setelah menempati urutan pertama di ibukota Inggris sebagai nama bayi laki-laki terpopuler, kini nama “Mohammed” juga menempati peringkat teratas sebagai nama laki-laki paling populer di ibukota Norwegia, Oslo.

Nama Mohammed, menurut Biro Statistik Norwegia, tahun ini pertama kalinya menempati posisi teratas sebagai nama pria dewasa paling populer di Oslo setelah sebelumnya selama empat tahun berturut-turut, nama Mohammed menjadi nama bayi laki-laki terpopuler di kota tersebut. Berdasarkan survei, sebanyak 4.801 bayi laki-laki dan pria dewasa di kota ini memiliki nama Mohammed dengan berbagai variasi ejaan nama tersebut (Muhammad, Mohammad, dsb.). Jumlah pemakai nama ini mengalahkan nama-nama Eropa lainnya, seperti “Jan”, yang disandang oleh 4.667 orang dan “Per” dengan total 4.155 orang.

Fenomena ini merupakan sebuah fakta yang “sangat menarik”, menurut juru bicara Biro Statistik Norwegia, Jorgen Ouren. Dengan populasi Muslim Norwegia yang hanya berjumlah 150.000 penduduk dari total 4,5 juta populasi Norwegia, populernya nama ini menjadi sebuah fenomena menarik di negara ini. Lebih-lebih pada saat ini, Norwegia menjadi pusat gerakan anti-Islam terbesar di Eropa, Stop Islamization in Norway, yang memiliki lebih dari tiga ribu anggota.

Sebagian besar penduduk Muslim di Norwegia merupakan warga keturunan Pakistan, Irak, Somalia, dan Maroko.

Pada tahun 2009, nama Mohammed juga menjadi nama laki-laki paling populer di empat kota terbesar di Belanda: Amsterdam, Rotterdam, The Hague dan Utrecht. Nama tersebut menggeser nama-nama tradisional seperti “Daan”, “Jan”, dan “Luuk”, seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk Muslim di negara tersebut.

Leave a Reply
Aquila Klasik