Modest Style

Mesir hukum pria pengunggah gambar Nabi Muhammad di Facebook

,
mesir
AFP Photo / Loic Venance

KAIRO, 25 Juni 2014 (AFP) – Pengadilan Mesir telah menjatuhkan hukuman enam tahun penjara pada seorang pria beragama Kristen Koptik atas perbuatan menghina Islam dan memprovokasi perselisihan agama di desanya, ungkap pengacara pria tersebut pada AFP pada hari Rabu.

Konstitusi Mesir melarang penghinaan terhadap tiga agama monoteis yang diakui negara – Kristen, Islam, dan Yahudi.

Kirollos Shawki, 29, dijatuhi hukuman pada hari Selasa oleh pengadilan di provinsi Luxor, ujar Mohamed Ahmed Abdelaal pada AFP.

Ia menyerahkan diri pada pihak kepolisian pada akhir Mei pasca memuncaknya ketegangan antara umat Kristiani dan Muslim di desanya di Luxor, akibat perbuatannya mengunggah gambar Nabi Muhammad dengan komentar menghina di laman Facebooknya, ujar Abdelaal.

Namun petugas kepolisian menyatakan bahwa pria tersebut ditahan bersama dengan enam lainnya yang melempari rumahnya dengan batu setelah pengunggahan gambar, dan keenam orang tersebut kemudian dibebaskan.

Islam mengharamkan penggambaran Tuhan maupun Muhammad.

Pengadilan menjatuhinya hukuman tiga tahun atas perbuatan “merendahkan agama” dan tiga tahun atas perbuatan “menimbulkan perselisihan agama,” tambah Abdelaal.

Ia telah mengajukan banding atas tuntutan yang diberikan dan akan dibebaskan dengan jaminan hingga pengadilan banding membuat keputusan, ujar pengacara.

Penganut Koptik, yang berjumlah 10 persen dari 86 juta populasi negara tersebut, merupakan minoritas keagamaan terbesar di Timur Tengah. Mereka telah lama mengalami kekerasan agama termasuk penyerangan terhadap gereja.

Sebelumnya di bulan ini, sebuah pengadilan bandung di Luxor menjatuhi seorang guru wanita Koptik enam bulan penjara setelah para orangtua murid menuduhnya atas perbuatan penyebaran agama dan penghinaan terhadap Islam.

Mereka melayangkan protes yang menyebutnya telah menyampaikan pada murid-muridnya bahwa almarhum paus Koptik, Shenuda III, lebih baik daripada Nabi Muhammad.

Leave a Reply
<Modest Style