Ke mana memberi bantuan untuk Gaza?

,

Beberapa organisasi yang mengakomodasi penyaluran donasi ke Gaza. Dipilih oleh Najwa Abdullah.

1003 WP Gaza (iStock)
Foto arsip: Bethlehem, Wilayah Pendudukan Palestina – November 17, 2012: Warga Palestina berkumpul di Manger Square, Bethlehem, untuk berkabung mengingat korban serangan militer Israel di Gaza serta menyerukan untuk mengakhiri eskalasi kekerasan. (iStock)

Di tengah bulan suci Ramadhan, hiruk pikuk pemilu presiden dan pesta Piala Dunia 2014, serangan roket bertubi-tubi dari Israel ke Gaza, Palestina telah diluncurkan selama tiga hari belakangan dan dilansir akan menjadi serangan jangka panjang. Rudal-rudal Israel menghujani pemukiman sipil dan puluhan warga Palestina tewas sementara ratusan lainnya terluka.

Warga sipil Palestina sedang berada dalam bencana kemanusiaan yang sangat besar seiring dengan meningkatnya jumlah korban luka dan tewas, krisis kebutuhan medis, air bersih dan pangan.

Gambar-gambar memilukan dari kawasan Gaza beredar secara luas di media social sementara ratusan penghuni linimasa menyatakan simpatinya melalui hashtag #PrayforGaza #PrayforPalestine #GazaunderAttack #PalestineunderAttack dan lain sebagainya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif menyalurkan bantuan ke Palestina. Bagi Anda yang berminat untuk memberikan donasi, berikut beberapa alternatif gerakan yang bisa mengakomodasi niat Anda:

1. Gerakan 50 ribu

Sebuah rumah sakit sumbangan Indonesia, Rumah Sakit Indonesia Gaza, kini telah berdiri di tengah kota Gaza, meskipun masih belum memiliki peralatan medis yang memadai.

Dalam keadaan darurat konflik saat ini, bantuan medis merupakan bantuan yang paling dibutuhkan warga Palestina. Rumah sakit yang didirikan atas inisiatif Medical Emergency Rescue Committee(MER-C)ini membutuhkan dana dari berbagai kalangan untuk memperlancar misinya menyelamatkan warga Palestina. Lewat Gerakan 50 Ribu, Rumah Sakit Indonesia Gaza dan MER-C mengajak siapa saja yang peduli atas krisis kemanusiaan di Gaza untuk memberikan donasi.

Informasi lebih lanjut mengenai gerakan ini dapat dilihat di website resmi MER-C, akun Twitter @mercindonesia, dan akun Twitter @RSIndonesia.

2. We care for Gaza

Bekerjasama dengan Hijabers Community Jakarta, Majalah Laiqa dan MER-C Indonesia, situs belanja fesyen Muslim online Hijup.com mengajak semua kalangan yang peduli atas konflik di Gaza untuk memberikan donasi atas nama kemanusiaan. Hijup.com meyakini bahwa tidak hanya Muslim yang harus membantu warga Gaza, karena konflik yang terjadi di sana bukan lagi soal agama, ras atau negara.

Informasi selengkapnya atas kegiatan ini dapat dilihat di akun Instagram @hijup.

3. Little gift for Gaza

Lembaga Dakwah Kampus Nasional Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia (Salam UI) mengadakan program bantuan pangan untuk warga Gaza berupa paket parsel sembako yang akan dikirimkan ke Palestina. Program “Little Gift for Gaza” ini bekerjasama dengan beberapa lembaga swadaya masyarakat di Palestina untuk membuka akses bantuan ke Gaza.

Ada dua paket donasi bahan makanan yang ditawarkan organisasi ini, masing-masing senilai 250 ribu dan 350 ribu rupiah. Namun, salam UI juga menerima donasi dengan nilai nominal lain. Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di akun Twitter @salamui dan situs Salam UI.

4. #SOSPalestine

Dengan slogan “Care for Humanity”, organisasi kemanusiaan berbasis kerelawanan Aksi Cepat Tanggap (ACT) sudah sejak lama menaruh perhatian pada isu kemanusiaan di Palestina dan mengirimkan bantuan ke Gaza.

Lewat program Sympathy for Solidarity (SOS), ACT menegaskan bahwa di tengah isu pemilihan presiden dan piala dunia, konflik berdarah di Gaza perlu mendapat respon cepat. ACT membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat yang ingin membantu untuk menyalurkan dana mereka ke rekening-rekening yang tercantum dalam situs resmi ACT for Humanity dan akun Twitter @ACTforHumanity.

Leave a Reply
Aquila Klasik