Modest Style

Filipina Raih Miss World untuk Pertama Kalinya

,
Miss World yang baru, Megan Young dari Filipina, melambai ke penonton setelah merebut mahkota dari 126 kontestan kecantikan di final Miss World 2013 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 28 September, 2013. ©AFP PHOTO / ROMEO GACAD
Miss World yang baru, Megan Young dari Filipina, melambai ke penonton setelah merebut mahkota dari 126 kontestan kecantikan di final Miss World 2013 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 28 September, 2013. ©AFP PHOTO / ROMEO GACAD

(MANILA-AFP) Filipina — di mana kontes kecantikan merupakan urusan serius — pada Minggu lalu merayakan kemenangan pertamanya dalam kontes Miss World, meskipun ada protes Islam garis keras terhadap ajang tersebut di negara tuan rumah Indonesia.

Kemenangan Megan Young yang berusia 23 tahun ini menjadi judul utama di surat kabar utama, yang mencatat bahwa akhirnya gelar ini menjadikan Filipina pemenang dalam semua kontes kecantikan utama setelah beberapa kemenangan di ajang kontes Miss Universe dan Miss International.

Ramon Carandang, sekretaris komunikasi Presiden Benigno Aquino, mengucapkan selamat kepada Young dalam sebuah pernyataan, sambil mengatakan pemerintah bangga pada prestasinya.

‘Selama kompetisi, Ms Young menunjukkan keindahan, keanggunan, dan semangat welas asih Filipina kepada dunia dan telah menjadi sumber kebanggaan dan inspirasi bagi rakyat Filipina,’ kata pernyataan itu.

‘Semoga kemenangannya mengingatkan semua orang Filipina akan apa yang kita mampu raih,’ tambahnya.

‘Akhirnya, mahkota bermanik biru untuk Filipina,’ kata Manila Bulletin dalam laporan utamanya.

Surat kabar itu juga menyebut tentang keamanan kontes Miss World yang ketat di pulau wisata Bali, Indonesia menyusul beberapa minggu protes muslim garis keras yang memaksa acara akhirnya dipindahkan dari tempat aslinya yang semula direncanakan di sekitar Jakarta.

Ribuan demonstran sebelumnya telah turun ke jalan-jalan di seluruh Indonesia, negara mayoritas muslim yang paling padat penduduknya di dunia, untuk mengecam kontes itu.

Tapi di Filipina yang didominasi Katolik Roma, kemenangan Young — seorang mahasiswa film di sebuah universitas terkemuka — menjadi alasan untuk perayaan terutama pada media sosial.

‘Merasa bangga. Kecantikan Pinay (perempuan Filipina) telah meraih puncak,’ kata salah satu pesan di Twitter.

‘Aku sangat bangga padamu Megan. Anda membuktikan bahwa kita cantik. Aku bangga menjadi seorang Filipina,’ kata pesan lain.

Ratu kecantikan di Filipina sering meniti karier sukses sebagai aktris dan model fashion.

Tapi Young sudah malang melintang di bisnis hiburan, setelah memandu acara dan membintangi beberapa acara TV dan film sejak tahun 2005.

Awal bulan ini, direktur nasional pemegang lisensi Miss World Filipina menuduh bahwa ada ‘kampanye kotor oleh salah satu pemain kecil industri kontes kecantikan di Filipina’ terhadap Young.

Meskipun rincian kampanye tidak dibeberkan, bloger kontes kecantikan Filipina Joyce Ann Burton Titular mengatakan foto-foto panas Young, yang diambil tahun lalu untuk majalah pria lokal “Rogue”, telah beredar secara internasional.

Leave a Reply
<Modest Style