Modest Style

Kampanye anti sawit perusahaan donat demi orangutan

,
INDONESIA-ENVIRONMENT-CONSERVATION-SPECIES-ORANGUTAN
Pada foto yang diambil tanggal 16 April 2014 ini, seorang staf dokter hewan Pusat Program Konservasi Orangutan Sumatera di Sumatera, Indonesia melakukan pemeriksaan medis terhadap orangutan jantan berusia 14 tahun yang ditemukan dengan biji logam senapan angin tertanam di tubuhnya. Pusat konservasi tersebut telah merawat lebih dari 280 orangutan yang diselamatkan dari perkebunan kelapa sawit, pemburu liar, dan pemilik hewan peliharaan, dan lebih dari 200 ekor telah dikembalikan ke alam liar. Populasi primata yang terancam punah ini merosot cepat akibat pemburuan liar dan perusakan besar-besaran habitat hutan mereka yang dialihkan menjadi perkebunan minyak kelapa sawit. Adanya pernyataan dari berbagai perusahaan makanan dan pertanian bisa membantu meningkatkan kembali jumlah hewan ikonik ini. Sutanta Aditya/AFP

NEW YORK (AFP) – Dunkin’ Donuts dan Krispy Kreme pada hari Selasa bergabung dengan sejumlah perusahaan makanan internasional di KTT PBB dalam komitmen untuk menghentikan penggunaan minyak kelapa sawit, yang dianggap sebagai penyebab penggundulan hutan.

Tiga perusahaan minyak kelapa sawit terbesar dunia – Wilmar, Golden Agri-Resources, dan Cargill – menyatakan akan bekerja sama untuk mengakhiri penggundulan hutan dan mendorong presiden Indonesia yang akan datang, Joko Widodo, untuk menetapkan kebijakan atas masalah tersebut.

Pemerhati lingkungan telah berkampanye menentang minyak kelapa sawit selama bertahun-tahun, dan menyesalkan perusakan hutan tropis untuk ditanami pepohonan yang lebih menguntungkan, yang minyaknya juga digunakan pada kosmetika dan sabun.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan bahwa, setelah upaya setahun penuh, semakin banyak produsen minyak kelapa sawit berkomitmen untuk menggunakan lahan hutan yang tidak dibuka secara ilegal, yang menghasilkan hingga 60 persen produksi dunia.

CEO Cargill, Dave MacLennan, bersumpah bahwa perusahaannya akan berbuat lebih dengan menghindari penggundulan hutan dalam semua produknya – bukan hanya minyak kelapa sawit.

“Kami memahami bahwa komitmen semacam ini tidak bisa terbatas hanya pada beberapa komoditas atau rantai pasokan terpilih,” ujar MacLennan.

Pembalakan liar untuk minyak kelapa sawit juga disebut sebagai penyebab hilangnya habitat orangutan yang terancam punah di Indonesia.

Ban mengadakan pertemuan PBB tersebut dengan harapan membangun momen untuk perjanjian iklim penting dalam perundingan akhir tahun depan di Paris.

Leave a Reply
<Modest Style