Modest Style

Islamic Help Menggalang Dana untuk Korban Serangan Air Keras

,

Mengenang kembali energi positif para relawan pada sebuah kegiatan amal baru-baru ini, Amenakin berbagi pengalaman dan menjelaskan betapa mengerikannya tindak kekerasan dengan zat asam.

Berkumpul untuk tujuan mulia
Berkumpul untuk tujuan mulia

Pada tanggal 12 Mei 2013, saya senang sekali bisa datang di acara ‘Vintage Tea Party’, sebuah acara penggalangan dana yang diselenggarakan oleh Islamic Help. Hajatan ini diadakan sebagai bagian dari kampanye ‘Smiles Better’, yang diupayakan untuk mendukung para korban yang selamat dari serangan air keras di seluruh dunia, tanpa memperhatikan keyakinan, warna kulit ataupun ras mereka. Kekerasan menggunakan air keras adalah isu serius yang terlalu banyak terjadi di berbagai komunitas – sebuah tindakan mengerikan yang meninggalkan trauma fisik dan mental pada korban-korbannya.

Mereka yang menjadi korban dari serangan air keras adalah orang-orang biasa seperti Anda dan saya, yang hidupnya hancur hanya dalam hitungan detik, di tangan seseorang yang punya niat buruk. Bahkan yang lebih menyedihkan lagi bukan hanya mayoritas korbannya adalah perempuan, tetapi juga banyak yang tidak pernah melaporkan secara resmi karena takut ancaman balas dendam dari komunitas mereka. Jangankan keluar rumah, banyak dari perempuan korban ini malu untuk menemui anggota keluarga mereka dan masyarakat, sehingga membuat mereka terpenjara dalam bilik kamar.

Celakanya air keras yang digunakan oleh para pelaku dari kekejaman jenis ini tersedia dalam bentuk siap pakai di negara-negara seperti Pakistan dan Kamboja, di mana kasus-kasus ini terjadi. Zat kimia ini biasanya digunakan untuk konstruksi dan bidang pekerjaan terkait, sebagai bahan untuk menghilangkan karat dari logam/baja. Bisa dibayangkan, jika bersentuhan langsung dengan kulit manusia yang rapuh, ia dapat mengakibatkan luka mengerikan, dengan reaksi pembakaran asam yang dalam hingga ke tulang. Penggalangan dana dibutuhkan untuk penanganan medis darurat dalam menetralkan reaksi zat asam, berikut operasi untuk memperbaiki organ tubuh yang rusak dan terapi psikologis.

Studi kasus mengenai detail tragis kekejaman menggunakan air keras inilah yang mulanya memancing ketertarikan saya; saya kagum akan upaya dari Islamic Help yang telah menggugah kesadaran terhadap kekerasan jenis ini. Islamic Help telah menjadi pionir dalam bidang ini, dan sangat membanggakan melihat sebuah organisasi Muslim yang bukan saja mengadakan kampanye sebesar ini, tetapi juga memimpinnya. Menyambut ulang tahun mereka yang ke-10, senang sekali melihat kegiatan amal para anak-anak muda ini meraih sukses lewat kegigihan dan kebulatan tekad mereka, Masya’ Allah (semua atas kehendak Allah semata).

Penggalangan dana Vintage Tea Party adalah langkah hebat untuk mengumpulkan perempuan-perempuan dengan pemikiran serupa yang ingin mendukung kampanye tersebut dengan membeli tiket acara dan berdonasi di malam amal tersebut. Saya pribadi mengagumi detail acaranya. Pecah belah bernuansa vintage digunakan untuk hidangan prasmanan serta cemilan manis dan gurih yang lezat turut melengkapi menu. Bersama-sama berkumpul mengenakan ‘gaun pesta’, benar-benar membuat acara ini terasa seperti pesta minum teh zaman dulu yang sederhana – dan semuanya untuk sebuah tujuan yang mulia.

[Not a valid template]

Saya selalu terkesan dengan metode yang baru dan inovatif dari acara penggalangan dana, dan sungguh terinspirasi melihat para relawan dan penyelenggara bekerja sama untuk menyukseskan acara ini. Lebih dari £6.000 berhasil dikumpulkan dalam acara pesta teh tersebut, alhamdulillah (segala puji hanya bagi Allah). Banyak makanan dibuat oleh para relawan, salah satu dari mereka bahkan membuat roti lapis sejak tengah malam hingga pukul 3 pagi malam sebelumnya, dengan bantuan ibunya. Saya senang mendengarkan potongan-potongan kisah inspiratif tentang orang-orang yang bahu-membahu saling mendukung dan bekerja sebagai tim untuk sebuah tujuan bersama. Apakah itu untuk kegiatan amal atau tujuan umum menjaga ketenteraman masyarakat dan dunia yang damai, saya berdoa agar kerja keras yang diupayakan secara individu akan menyebarkan energi positif yang sangat dibutuhkan dunia saat ini.

Pelajari lebih jauh dan berikan donasi pada kampanye Smiles Better di situs Islamic Help

Leave a Reply
<Modest Style