Modest Style

Tips mengingat untuk si pelupa

,

Selalu lupa di mana meletakkan telepon genggam atau kunci rumah? Simak beberapa trik “anti pikun” berikut. Oleh Beta Nisa.

2001 WP pelupa (iStock)
Gambar: iStock

Menjadi orang yang pelupa memang mengesalkan – baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Daripada menghabiskan waktu mencari-cari kunci yang terselip, atau bolak-balik ke bank untuk mengurus kartu ATM yang lenyap entah ke mana, simak beberapa tips berikut:

1. Selalu kembalikan barang pada tempatnya

Agar mudah mengingat di mana Anda meletakkan barang, selalu kembalikan barang pada tempatnya setelah digunakan. Dengan membiasakan diri untuk selalu mengembalikan barang ke satu tempat, Anda akan lebih mudah mengingat di mana Anda meletakkan suatu barang. Kuncinya adalah disiplin.

2. Tentukan satu titik kumpul

Apabila Anda memiliki kesulitan mengingat di mana letak masing-masing barang yang sering terlupakan, tentukan satu tempat penyimpanan di rumah untuk menampung barang-barang tersebut. Contoh: kunci, dompet dan telepon genggam sebaiknya disimpan dalam satu keranjang atau mangkok di dalam kamar tidur atau dekat pintu menuju keluar.

3. Satukan barang

Sama halnya, saat berpergian atau saat sedang di luar rumah, barang-barang berharga seperti kartu ATM atau kunci rumah dapat dengan mudah terlupakan dan tertinggal di suatu tempat karena ukurannya yang kecil. Untuk menghindari hal ini, manfaatkan dompet berukuran sedang untuk menyimpan semua barang berharga Anda yang berukuran kecil. Atau, Anda juga dapat menyatukan barang-barang penting ini dengan saling mengaitkannya menggunakan dompet bertali atau berantai. Simpan kartu-kartu penting dalam dompet dan kaitkan kunci di rantai dompet sehingga mereka semua tergabung bersama-sama. Dengan begitu, kemungkinan untuk meninggalkan barang-barang penting ini menjadi lebih kecil daripada jika mereka terserak terpisah.

4. Buatlah catatan

Salah satu cara paling efektif untuk si pelupa adalah dengan membuat pengingat. Gunakan sticky note atau kertas catatan yang dapat menempel untuk menulis pesan-pesan pengingat mengenai hal-hal yang sering Anda lupakan. Pastikan Anda menempel pesan-pesan pengingat tersebut di tempat-tempat strategis yang sering Anda lewati, misalnya di kamar mandi atau di samping cermin, sehingga secara tidak sadar Anda akan selalu membaca dan mengingatnya.

5. Pasang alarm

Selain membuat catatan pengingat pada sticky note, Anda juga dapat memanfaatkan gadget yang ada, seperti telepon genggam. Manfaatkan fitur pengingat otomatis telepon genggam dengan menggunakan aplikasi beralarm. Jadwalkan hal-hal penting secara teratur setiap hari, hingga mencatat dan memeriksa pengingat menjadi sebuah kebiasaan. Lambat laun, secara tidak sadar Anda akan mengingathal-hal penting yang Anda catat di dalam telepon genggam Anda bahkan sebelum alarm pengingat berbunyi.

Leave a Reply
<Modest Style