Modest Style

Menuju Indonesia bebas rokok

,

Berbagai kegiatan dan peraturan telah dicanangkan oleh pemerintah maupun masyarakat untuk mengurangi tingkat konsumsi rokok di Indonesia. Selengkapnya oleh Najwa Abdullah.

2402 WP Rokok (iStock)
Gambar: iStock

Indonesia seringkali disebut sebagai ‘surga’ para perokok karena di negara kita, perokok bisa merokok dengan bebas hampir di semua tempat: di dalam gedung, tempat ibadah dan juga di angkutan umum. Berita baiknya, belakangan ini langkah-langkah untuk menanggulangi ancaman nikotin semakin gencar dilakukan, baik oleh pemerintah maupun warga masyarakat di berbagai daerah.

Misalnya, sejak Januari 2014, pemerintah kota Bandung telah menetapkan hari Selasa sebagai Hari Bebas Rokok. Pada hari ini, seluruh warga masyarakat yang berdiam di Bandung dihimbau untuk ‘puasa’ merokok. Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan bahwa hal ini merupakan upaya untuk mengurangi pencemaran udara di kota Bandung dan melindungi para perokok pasif. Perokok pasif menghadapi resiko kesehatan yang lebih tinggi akibat dampak asap rokok.

Selain itu, Yogyakarta kini telah memiliki 50 kampung bebas asap rokok yang pencanangannya didukung oleh warga setempat. Larangan merokok diterapkan di rumah-rumah, bangunan yang digunakan secara umum, tempat ibadah dan lingkungan sekitar anak-anak dan ibu-ibu. Disediakan juga menyediakan kawasan khusus perokok di daerah ini.

Di Sumatera, kota Padang Panjang telah jauh lebih dulu mengambil inisiatif untuk meredam jumlah konsumsi rokok dengan diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda) No. 8 tahun 2009 yang membuat kota ini bebas iklan rokok. Setelah beberapa tahun, penegakan perda ini telah menurunkan kasus penyakit paru-paru dan saluran pernapasan di RSUD Padang Panjang secara signifikan.

Dalam skala nasional, sejak tanggal 24 Juni 2014 pada bungkus-bungkus rokok telah terpampang gambar-gambar mengerikan untuk mengilustrasikan bahaya akibat merokok. Dengan berbagai langkah tersebut, tumbuh harapan bahwa Indonesia akan menjadi negara sehat yang bebas dari asap rokok. Namun, tentu segala inisiaif-inisiatif tersebut memerlukan pengawasan yang ketat dan konsisten dari pemerintah maupun dari masyarakat. Hukuman yang tegas selayaknya diberikan bagi perokok yang melanggar peraturan dengan merokok di sembarang tempat.

Bagaimana dengan Anda: Beranikah Anda menegur perokok yang merokok sembarangan?

Leave a Reply
<Modest Style