Menjadi lajang berkualitas

,

Manfaatkan waktu melajang Anda dengan meningkatkan beberapa aspek pribadi berikut. Oleh Beta Nisa.

WP lajang berkualitas (iStock) 02
Gambar: iStock

“Jodoh akan tiba tepat pada waktunya,” demikian kata orang bijak. Apabila Anda masih menanti waktu tersebut untuk tiba, tidak perlu bersedih. Daripada membuang waktu melamun membayangkan kedatangan belahan jiwa, manfaatkan waktu melajang Anda untuk mempersiapkan diri menyambut calon suami atau istri dengan menjadi pribadi yang lebih baik. Disebutkan dalam surat An-Nur ayat 26, “… dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)”. Oleh karenanya, persiapkanlah diri Anda yang terbaik agar mendapatkan jodoh yang terbaik pula dengan meningkatkan kualitas diri dalam berbagai aspek, termasuk dalam poin-poin berikut.

1. Kemandirian

Selagi melajang, gunakan waktu yang ada untuk melatih kemandirian Anda, baik secara finansial maupun emosional. Pribadi yang mandiri dan kuat tidak mudah bergantung pada orang lain. Tingkatkan kemandirian Anda mulai dari hal-hal kecil, seperti dalam mengambil keputusan sederhana, menenangkan diri sendiri saat sedang bersedih hingga mendapatkan mata pencaharian yang dapat diandalkan.

2. Kepercayaan diri

Self-confidence atau kepercayaan diri merupakan salah satu fondasi karakter yang kuat. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi dapat membukakan pintu kesuksesan karena kita akan lebih berani dalam mengambil risiko dan mencoba berbagai kesempatan yang tersedia dalam hidup.

Bagaimana caranya meningkatkan rasa percaya diri? Percaya diri tumbuh seiring dengan pemikiran positif yang ada di dalam diri Anda. Oleh karena itu, jauhkan diri dari berbagai pikiran negatif. Mengikuti kegiatan sosial dan kegiatan amal juga dapat membantu memupuk penghargaan Anda kepada diri sendiri.

3. Pengetahuan

Menuntut ilmu adalah ibadah. Selain itu, wawasan yang luas diperlukan saat berdiskusi dan berdebat dengan pasangan ketika mengarungi biduk rumah tangga. Menambah pengetahuan yang terbaik dapat dilakukan dengan membaca buku dengan rutin. Jangan hanya membatasi bacaan Anda pada topik-topik tertentu saja; perluas juga pengetahuan Anda dengan membaca mengenai hal-hal baru di luar zona nyaman Anda.

4. Penampilan

Menjaga penampilan bukan hanya mengenai berdandan dan memakai makeup, melainkan juga terkait dengan cerminan rasa syukur kita terhadap tubuh yang telah diberikan Allah SWT kepada kita.

Rawatlah tubuh dengan menjalani pola hidup yang sehat, termasuk melakukan olahraga secara teratur dan makan yang sehat. Perhatikan pula hal-hal terkait kebersihan tubuh seperti memotong kuku ketika sudah terlalu panjang. Kesehatan dan kebersihan merupakan kosmetik terbaik untuk tampil cantik alami.

5. Keimanan

Salah satu kualitas diri yang paling penting untuk ditingkatkan ialah keimanan, karena keimanan merupakan pilar utama seorang individu. Meningkatkan dan memperkuat keimanan dapat dicapai dengan mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Hal ini tidak terbatas pada melakukan ibadah-ibadah wajib saja, namun lebih luas dari itu adalah dengan senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap tindakan kita.

Terkait: Pangeran-pangeran Muslim lajang edisi 2014.

Leave a Reply
Aquila Klasik