Modest Style

Lima jurus melawan malas setelah liburan panjang

,

Kembalikan semangat beraktifitas Anda setelah libur panjang Lebaran dengan beberapa tips berikut. Oleh Beta Nisa.

WP melawan malas (Fotolia)
Gambar: Fotolia

Meski libur Lebaran telah usai beberapa saat yang lalu, hawa liburan yang masih terasa dapat menimbulkan rasa malas dalam menghadapi realita di sekolah, tempat kuliah atau kantor. Agar terhindar dari rasa malas yang berkepanjangan, simak beberapa tips berikut.

1. Pastikan kondisi tubuh fit

Satu hal yang perlu dipersiapkan saat akan kembali bekerja setelah liburan panjang ialah kondisi tubuh yang sehat dan segar. Hari yang penuh semangat dan energi dimulai dari tubuh yang fit.

Saat berlibur, kita cenderung melupakan waktu istirahat. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup di malam sebelum kembali bekerja. Dengan begitu, Anda akan terbangun dengan tubuh segar yang secara tidak langsung juga akan membawa energi positif. Apabila Anda bangun dalam kondisi kurang fit dan kurang tidur, maka rasa lemas tersebut akan dengan mudah membuat Anda malas menghadapi hari.

2. Rencanakan liburan berikutnya

Daripada memikirkan liburan yang telah usai, mengapa tidak rencakan liburan Anda yang berikutnya? Menyusun rencana “pelarian” dari kesibukan sehari-hari dapat menimbulkan motivasi tersendiri sehingga Anda akan bersemangat dalam menghadapi pekerjaan. Sempatkan diri untuk mencari tiket murah atau tempat penginapan liburan di sela-sela waktu istirahat. Namun, jangan sampai Anda terbawa semangat berlibur hingga melupakan tanggung jawab.

3. Kembali ke rutinitas pra-liburan

Salah satu cara untuk mengembalikan semangat bekerja adalah dengan kembali ke rutinitas sehari-hari sebelum liburan. Dengan kembali ke rutinitas dan merasakan keteraturan yang telah Anda bangun sebelumnya, Anda dapat lebih merasa nyaman menghadapi keseharian dalam bekerja dan mengurangi rasa malas.

4. Selesaikan pekerjaan satu per satu dari yang paling mudah

Setelah meninggalkan pekerjaan untuk liburan yang cukup panjang, tentu Anda akan kembali menghadapi setumpuk pekerjaan yang telah menanti. Selesaikan tumpukan tugas satu per satu dari yang paling mudah. Jangan berpindah mengerjakan hal lain sebelum pekerjaan yang ada di tangan Anda telah tuntas.

5. Bersikap realistis

Anda juga harus bersikap realistis dalam menghadapi pekerjaan yang menumpuk. Pekerjaan yang telah Anda tinggal selama beberapa hari tentu tidak dapat diselesaikan dalam waktu satu hari. Oleh karena itu, bersikaplah realistis dan kerjakan tugas sesuai dengan kemampuan Anda. Tidak perlu menjawab semua e-mail di inbox Anda dalam satu hari. Dengan mengurai pekerjaan secara perlahan namun pasti, Anda tidak akan merasa terlalu terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang telah Anda tinggal selama berlibur.

Leave a Reply
<Modest Style