Modest Style

Kado untuk ibu buatan tangan sendiri

,

Mari memanjakan ibu dengan berbagai kado karya sendiri berikut. Oleh Beta Nisa.

Memberi kado kepada ibu tidak harus saat ia berulang tahun atau di Hari Ibu. Anda juga dapat memberi kado di hari biasa baik sebagai ucapan terima kasih maupun sebagai bentuk kasih sayang bagi sosok yang tak tergantikan ini.

Menyiapkan kado untuk ibu tidak harus mahal dan menghabiskan banyak waktu. Justru Anda dapat membuat kado sendiri untuknya, yang tentunya akan terasa lebih bermakna. Rangkailah kado buatan sendiri untuk ibunda terkasih dengan beberapa ide berikut.

1. Membuat sarapan

Gambar: Photl
Gambar: Photl

Apabila biasanya ibu memasakkan makanan favorit untuk Anda, kini giliran Anda yang memasak untuknya. Berilah kejutan di pagi hari dengan menyiapkan sarapan di saat beliau bangun tidur.

Agar semakin berkesan, Anda dapat menyiapkan sarapan di atas baki dan menyajikannya di kamar tidur begitu ibu bangun tidur, seperti dalam film-film romantis. Kata siapa bersikap manis dan romantis hanya untuk pasangan?

Buatlah sarapan yang sederhana seperti omelet atau nasi goreng agar hasil sesuai harapan – dan dapur kesayangan ibu tidak berantakan.

2. Membuat kue berisi pesan singkat

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Selain membuatkan sarapan, Anda juga dapat bereksperimen di dapur dengan membuatkan kue bagi ibu. Agar semakin bermakna, buatlah kue dengan hiasan yang mengandung pesan tertentu, misalnya cupcake dengan hiasan berbentuk hati atau biskuit yang dibentuk huruf-huruf membentuk kata “I love mum”.

Tidak hanya kue buatan sendiri ini akan terasa bermakna karena merupakan hasil usaha Anda, namun juga karena mengandung pesan tersendiri bagi ibu.

3. Melakukan pekerjaan rumahnya

Gambar: Photl
Gambar: Photl

Yang namanya kado tidak harus selalu berbentuk materi. Manjakan ibu Anda dan berilah beliau sedikit waktu beristirahat dengan melakukan pekerjaan rumah yang biasanya dilakukan olehnya. Anda tidak perlu membersihkan seluruh isi rumah. Cukup lakukan hal-hal sederhana yang dapat meringankan pekerjaan rumahnya, seperti membuang kantong sampah, mencuci piring kotor dan menjemur pakaian.

4. Menulis surat cinta untuknya

Gambar: Picjumbo
Gambar: Picjumbo

Di zaman yang serba modern dan canggih ini, mungkin surat cinta sudah jarang kita dapatkan. Alih-alih, kita sudah beralih ke e-mail atau pesan singkat cinta. Namun tidak ada salahnya membuatkan surat cinta tulisan tangan untuk ibu yang mungkin matanya sudah kurang awas membaca pesan singkat atau bahkan tidak memiliki email.

Tulislah surat cinta sebagai ucapan terima kasih padanya dengan mengutarakannya dalam kata-kata yang spesifik. Bingung ingin menulis apa? Anda dapat menuliskan daftar “10 hal yang kucinta dari ibu” yang tentunya akan membuat ibu tersenyum saat membacanya.

5. Membuat video pendek tentangnya

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Daripada mengajak ibu menonton di bioskop, mengapa tidak buatkan video khusus untuknya? Anda dapat membuat video kompilasi yang berisikan foto dan video perjalanan hidup Anda bersama ibu sambil melewati berbagai momen berharga.

Jadikan hasil karya Anda lebih bermakna dengan menambahkan sedikit narasi agar video memiliki sedikit alur cerita dan tidak terasa membosankan.

Apabila Anda merasa lebih ambisius, Anda dapat membuat video dengan tema-tema menarik. Misalnya, film superhero yang menggambarkan ibu sebagai Wonder Woman. Untuk membuat video bercerita semacam ini, Anda dapat mengambil gambar ibu secara diam-diam (candid) dalam berbagai pose dan menyusunnya menjadi sebuah cerita.

6. Pigura foto buatan sendiri

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Buatlah ibu Anda tersenyum mengingat masa mudanya dengan membuatkan bingkai foto unik berisikan foto-foto lawas miliknya. Anda tidak perlu membuat bingkai foto yang mahal dan rumit. Bingkai sederhana dengan bahan dasar karton berisikan foto muda ibu pun cukup.

Apabila Anda tertantang ingin membuat proyek yang menarik, Anda dapat merangkai bingkai foto menjadi sederet gambaran perjalanan hidupnya dengan memasang foto dari tahun yang berbeda-beda.

7. Rangkaikan bunga untuknya

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Kapan terakhir kalinya Anda memberikan karangan bunga untuk ibu? Apabila Anda sudah lupa jawabannya, mungkin saatnya memberikan kejutan spesial bagi ibu dengan sebuah karangan bunga.

Daripada membayar mahal untuk membeli karangan bunga, buatlah karangan bunga sendiri. Anda dapat membeli bunga di pasar atau toko bunga dan merangkainya dengan hiasan sederhana atau cukup menaruhnya ke dalam vas yang diberi pita. Mungkin hasilnya tidak akan semewah hasil toko bunga, namun hasil rangkaian putra atau putrid sendiri tentu lebih bernilai di mata seorang ibu.

8. Layanan salon rumahan

Gambar: Photl
Gambar: Photl

Manjakan ibu dengan memberinya layanan salon rumahan, alias perawatan ala salon yang dapat dilakukan di rumah. Tidak perlu khawatir apabila Anda tidak memiliki bahan perawatan lengkap seperti di salon. Anda dapat membuat sendiri beberapa bahan perawatan menggunakan bahan rumahan yang murah meriah.

Siapkan lulur tubuh alami buatan sendiri untuk digunakan oleh ibu. Anda juga dapat memberinya manikur yang menenangkan dengan merendam tangan dan kakinya di dalam air hangat sembari memijatnya perlahan. Manfaatkan pula waktu ini sebagai waktu berkualitas bersama ibu dengan sekadar mengajaknya mengobrol.

Perlu lebih banyak ide hadiah untuk ibu? Silakan baca di sini.

Leave a Reply
<Modest Style