Modest Style

Ilmuwan Belanda Ciptakan Program Penganalisa Pengguna Twitter

,
©Darren Baker/shutterstock.com
©Darren Baker/shutterstock.com

Sekelompok ilmuwan di sebuah universitas di Belanda telah mengembangkan program online yang dapat menunjukkan usia dan jenis kelamin pengguna hanya berdasarkan pesan yang mereka tulis di jejaring sosial Twitter.

Berdasarkan data dari hampir 3.000 pengguna Twitter yang men-‘tweet’-kan pesan dalam maksimal 140 karakter, para peneliti di Universitas Twente, dekat sebelah timur kota Enschede, telah mengumpulkan daftar kata serta frasa yang sesuai dengan usia yang berbeda dan jenis kelamin tertentu.

Dong Nguyen, mahasiswi S3 ilmu komputer menjelaskan, para pengguna hanya harus memasukkan username ke dalam program online tersebut, yang kemudian akan menebak usia dan jenis kelamin mereka dengan membandingkan 200 tweet terakhir dengan daftar kata dan frasa yang tersimpan di database.

‘Perbedaan antara pengguna pria dan wanita sebetulnya sangat stereotip,’ ujar Nguyen, salah satu anggota dalam proyek penelitian tersebut. ‘Pengguna pria bicara tentang sepak bola dan pengguna wanita bicara tentang kuku mereka.’

‘Dalam hal umur, pengguna berusia muda lebih sering bicara tentang diri sendiri serta banyak menggunakan emoticon, sementara pengguna dewasa kerap menggunakan kata dan kalimat yang lebih panjang,’ tuturnya kepada AFP.

Emoticon adalah sejumlah icon seperti ‘smiley face’ yang menggambarkan suasana hati atau ekspresi wajah si penulis dalam sebuah tweet.

Program yang saat ini hanya menganalisis tweet berbahasa Belanda itu mempunyai batas kesalahan empat tahun dalam penghitungan umur; berkurang pada pengguna muda dan bertambah ketika penggunanya lebih tua.

‘Kami mencatat bahwa para pengguna memakai bahasa lebih seragam pada usia 35 tahun ke atas. Terdapat perbedaan lebih besar antara pengguna berumur 15-20 tahun dibandingkan pengguna berusia 45-55 tahun,’ tambah Nguyen.

Bekerja sama dengan lembaga bahasa dan budaya Belanda, Meertens Institute, para ilmuwan di Universitas Twente kini sedang berusaha mengembangkan program ini dalam bahasa lain dan menyesuaikannya untuk situs jejaring sosial lain seperti Facebook.

Leave a Reply
<Modest Style