Ide-ide hadiah untuk calon mertua

,

Hadiah yang tepat dapat mengeratkan hubungan Anda dengan calon mertua dan calon pasangan hidup Anda. Miranti Cahyaningtyas berbagi beberapa ide.

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Lamaran dari keluarga si dia sudah diterima, dan sekarang Anda pun resmi memiliki “camer” alias calon mertua! Kalau sebelumnya Anda biasanya member oleh-oleh sekadarnya bagi orangtua calon pendamping hidup Anda, kini Anda jadi harus berpikir lebih keras. Bukan apa-apa, tapi tentunya Anda tidak ingin menyinggung calon mertua atau merusak hubungan baik kedua keluarga.

Namun tenang saja; seperti biasa, Aquila Style ada untuk berbagi inspirasi. Berikut adalah beberapa ide hadiah yang bisa Anda berikan pada calon mertua.

1. Sesuaikan dengan profesi

Sudah sewajarnya Anda tahu pekerjaan calon mertua Anda. Dari situ, Anda bisa menentukan hadiah apa yang cocok untuknya. Jika ia seorang guru, Anda bisa berikan pena bergrafir, tas, atau sepatu. Berikan kaus atau sarung yang nyaman jika calon mertua pria adalah seorang bapak rumah tangga, dan dompet atau sandal rumah hangat kepada calon wanita yang ibu rumah tangga.

2. Sesuaikan dengan minat

Jika calon mertua wanita hobi berkebun, ia pasti senang jika dihadiahi jenis-jenis benih langka atau peralatan berkebun. Jika calon mertua pria kebetulan membuka bengkel las setelah pensiun, masker pelindung mata dan pernapasan bisa jadi hadiah yang akan ia apresiasi . Sama halnya, Anda bisa memberi calon mertua sumbangan ide strategi pemasaran untuk melancarkan usaha yang mereka geluti pasca pensiun.

3. Hadiah berlatar budaya

Mungkin saja Anda dan calon pasangan berasal dari suku atau wilayah yang berbeda. Perbedaan ini bisa menjadi sumber ide untuk hadiah calon mertua.

Misalnya, karena hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis batik khas masing-masing, Anda bisa memberikan batik buatan daerah Anda atau suku asal Anda untuk calon mertua. Atau Anda juga bisa memberikan buah tangan khas yang hanya diproduksi di daerah Anda.

4. Berikan kejutan

Selama kejutan tersebut wajar dan baik, saya pikir tentunya setiap orang akan menerima hadiah kejutan dengan senang hati. Jika Anda suka menciptakan prakarya, mengapa tidak hadiahi calon mertua dengan hasil karya Anda? Nilai hadiah ini akan jadi berlipat di matanya begitu ia mengetahui bahwa tangan Anda sendirilah yang menghasilkan karya tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda penggemar fotografi atau atau memiliki kemampuan mengedit foto, cetaklah dan bingkai gambar calon mertua yang Anda potret secara diam-diam. Jika Anda gemar melukis, buatkan gelas berhiaskan lukisan tangan Anda. Apabila Anda gemar memasak, masakkan sajian unggulan Anda.

5. Liburan bersama

Yang satu ini selain membuat senang calon mertua juga akan lebih mendekatkan Anda dengan mereka dan menjadi cara yang sangat baik untuk saling mengenal lebih jauh. Liburan bersama tidak harus selalu menguras rekening Anda. Anda dapat mengadakan piknik bersama di taman kota atau tempat rekreasi alam terdekat, ikut acara jalan-jalan napak tilas sejarah bersama-sama, atau merencanakan sendiri rute petualangan setengah hari.

6. Voucher belanja

Jika Anda sudah kehabisan ide, voucher belanja juga merupakan hadiah yang cukup aman dan kemungkinan besar akan diterima dengan senang hati. Pastikan toko yang menerima voucher tersebut memang ada di sekitar tempat tinggal calon mertua.

Berbagai hadiah di atas dapat Anda berikan kapan saja, mungkin saat Anda mendapat pemasukan lebih atau berhasil meraih sesuatu, tanpa harus menunggu momen istimewa. Berikan hadiah saat Anda merasa ingin melakukannya, bukan karena Anda merasa harus melakukannya. Jangan ragu pula bertanya pada pasangan apakah ada benda spesifik yang sedang diinginkan calon mertua, atau benda koleksi yang ia selalu sukai, tidak peduli berapa banyak pun yang ia telah miliki.

Leave a Reply
Aquila Klasik