Modest Style

Akun Facebook layak ‘Like’

,

Lelah melihat konten negatif di lini masa Facebook Anda? Berikut ini beberapa alternatif. Disarankan oleh Miranti Cahyaningtyas.

Hubungan kita dengan media sosial seringkali seperti hubungan benci tapi cinta. Di ruang ini, terdapat banyak hal buruk dengan efek merusak yang tersebar. Namun, bukan berarti tidak ada akun-akun bermanfaat yang layak kita ikuti.

Saya berhasil menemukan beberapa akun bermanfaat yang layak diikuti di jejaring sosial Facebook, di antaranya:

Humans of New York

[Not a valid template]

Humans of New York atau sering disingkat HONY berawal dari sebuah blog fotografi yang digawangi oleh Brandon Stanton. Ia memulai blog ini tidak lama setelah mendapat pemutusan hubungan kerja dari pekerjaannya di industri keuangan pada musim panas 2010. Sesuai namanya, Brandon memulai blog ini dengan memotret penduduk Kota New York secara acak dan belakangan menambahkan kutipan atau kisah hidup singkat hasil wawancara dengan para objek foto.[i]

Dengan meningkatnya popularitas HONY, petualangan Brandon mengabadikan kilasan hidup penduduk kota New York kini mencakup wilayah yang lebih luas. Baru-baru ini, ia melakukan tur memotret atas biaya PBB ke wilayah-wilayah yang berdekatan dengan lokasi konflik.[ii] Di dunia masa kini di mana banyak cerita berisi muatan politik yang memihak satu pihak, HONY menawarkan alternatif potret kehidupan manusia secara apa adanya, tanpa disertai unsur prasangka atau penghakiman.

Setelah sebelumnya menerbitkan buku kumpulan foto berjudul Humans of New York, pada tanggal 7 Oktober lalu Brandon kembali menerbitkan buku kumpulan foto lain berjudul Little Humans, yang berisikan 37 foto anak-anak terbaik dari empat tahun perjalanan HONY. Buku ini menjanjikan “teriakan tawa” gemas ketika kita melihat gambar-gambar yang dimuat di sana.

The Muslim Show

[Not a valid template]

The Muslim Show merupakan serial komik Islami karya Norédine Allam and Greg Blondin yang diproduksi oleh Penerbit BDouin Perancis. Dengan cara penyampaian dan penggambaran kisah serial The Muslim Show yang diilhami oleh Nasruddin Hoja, berbagai kisah dalam serial ini menggambarkan tata cara hidup, keseharian, serta ibadah seorang Muslim yang cukup relevan di berbagai negara dan budaya. Banyak dari kita yang mungkin akan tertawa, tersindir, tersadar, atau merasa “tertampar” saat membaca komik-komik cerdas mereka.

Bersama meledaknya sambutan untuk The Muslim Show, para pembuatnya berhasil mendapat kesempatan bekerja sama dengan Penerbit Dargaud yang merupakan penerbit komik ternama Lucky Luke, Smurf, dan lain-lain.

Selain rutin mengunggah sketsa komiknya ke akun Facebook, sejauh ini rekanan pencipta The Muslim Show telah berhasil menerbitkan tiga buku kumpulan sketsa, masing-masing bertema Ramadhan, pernikahan, dan kehidupan bertetangga.[iii]

Homesteading / Survivalism

[Not a valid template]

Laman Homesteading / Survivalism merupakan media bagi toko Homesteading and Survivalism untuk terhubung lebih dekat dengan pelaku maupun peminat gaya hidup homesteading dan survivalism.

Pada abad ke-21, homesteading bermakna swasembada di manapun kita tinggal – dengan menggunakan lebih sedikit energi, menyantap makanan menyehatkan produksi lokal, serta melibatkan keluarga dalam kehidupan bermasyarakat dalam upaya peningkatan kualitas hidup bersama.[iv] Sementara itu, survivalism secara luas merupakan gerakan mempersiapkan diri menghadapi berbagai situasi darurat. Secara lebih spesifik, survivalism terbagi ke dalam beberapa fokus, salah satunya adalah gerakan kembali pada alam sebagai upaya swasembada, dengan kepedulian utama pada ekologi dan kontrabudaya.

Pada laman ini, kita akan menemukan berbagai tip dan trik menarik – dan tidak jarang sederhana – tentang cara menjalankan gaya hidup homestead dan survivalist serta pemenuhan kebutuhan pribadi. Jika kehidupan yang organik terasa sebagai mimpi yang tertalu utopis, gaya hidup yang disebarkan oleh gerakan ini mungkin bisa dijadikan alternatif.

Lovehobbycraft

[Not a valid template]

Jika Anda merasa kreatif dan kekurangan cara penyaluran energi, atau justru kurang kreatif dan butuh dorongan untuk menjadi lebih kreatif, maka Lovehobbycraft ada untuk Anda. Lovehobbycraft adalah akun media sosial milik Pusat Pembelajaran gabungan toko penjual manik-manik dan bahan-bahan pembuat perhiasan Tiongkok, Panda Hall.

Dengan misi ambisius untuk “menyalakan kreativitas yang hidup pada diri setiap orang”, Lovehobbycraft jelas tidak mengecewakan pengikutnya. Akun satu ini selalu mengunggah berbagai panduan setiap harinya, mulai panduan untuk membuat anting, gelang, hingga aksesoris lainnya. Panduan yang diberikan selalui disertai petunjuk jelas yang memudahkan bahkan bagi Anda yang merasa kurang terlatih.

Keberadaan akun ini diharapkan berguna bagi para peminat berbagai kerajinan tangan dan khususnya kerajinan manik-manik. Selain panduan yang berasal dari para ahli di Panda Hall, akun ini juga membagikan panduan yang dikirimkan oleh para pelanggan atau pelaku kerajinan tangan yang ingin berbagi pengetahuan.

________________________________________

[i] Laman ‘About’ Humans of New York. Facebook. Diakses pada 9 Okt 2014. Di sini
[ii] Humans of New York Goes Global. The New York Times. Diakses pada 9 Okt 2014. Di sini.
[iii] The Story. The Muslim Show. Diakses pada 9 Okt 2014. Di sini.
[iv] What Exactly Does the Term “Homesteading” Mean? Mother Earth News. Diakses pada 9 Okt 2014. Di sini.

Leave a Reply
<Modest Style