9 Barang yang sering hilang – dan kiat agar tak kehilangan lagi

,

Semua orang pasti pernah kehilangan barang-barang berikut ini dalam hidupnya, tulis Beta Nisa.

Lupa adalah salah satu sifat manusia (39:8). Seringkali gara-gara lupa, hilang pula barang-barang milik kita. Apa saja barang-barang milik kita yang paling sering hilang? Berikut beberapa di antaranya dan sekelumit kiat agar tidak melupakan mereka.

1. Payung

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Benda yang satu ini cukup sering menghilang – khususnya saat sedang dibutuhkan. Pemakaian payung yang hanya sesekali, yaitu saat hujan deras, membuat kita cenderung “asal” saat menyimpannya.

Agar tidak selalu kebingungan mencari-cari payung, sediakan tempat khusus untuk payung seperti gantungan khusus di teras rumah, atau di bagasi mobil. Pastikan untuk selalu mengembalikan payung pada tempatnya setelah digunakan.

2. Remote control

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Situasi yang sering saya hadapi adalah buru-buru ingin menonton serial TV kesukaan saya, namun akhirnya bingung mencari remote TV. Remote control atau pengendali jarak jauh untuk TV merupakan benda yang hobi menghilang, entah karena “tertelan” ke dalam sofa atau jatuh di bawah kursi.

Agar tidak kebingungan di saat ingin menonton TV, sediakan tempat atau kantung khusus untuk remote di dekat TV Anda. Anda juga bisa menempel kancing perekat velcro yang biasa digunakan di pakaian dan sepatu untuk merekatkan remote ke sisi meja atau lemari.

3. Telepon genggam

Gambar: Pixabay
Gambar: Picjumbo

Meski benda yang satu ini jarang terlepas dari tangan kita, namun telepon genggam merupakan salah satu barang yang cukup sering hilang, entah karena kita lupa di mana meletakkannya atau karena tidak sengaja meninggalkannya di suatu tempat.

Untuk mencegah hal ini terjadi, simpan telepon genggam dalam dompet khusus gadget beserta aksesorisnya agar mudah untuk dicari. Selain itu, hindari memainkan telepon genggam saat sedang menghadapi aktifitas yang menyita perhatian, karena di saat-saat seperti inilah kita cenderung kehilangan fokus dan akhirnya lupa di mana meletakkan telepon genggam.

4. Kaus kaki

Gambar: Photl
Gambar: Photl

Seringkali bukan satu pasang kaus kaki yang menghilang, namun hanya pasangan kaus kaki yang kiri atau yang kanan. Tentu hal ini sangat menyebalkan, terlebih saat kita sedang terburu-buru bersiap-siap untuk berangkat ke kantor atau kuliah.

Biasanya misteri hilangnya kaus kaki terjadi sesaat setelah kita mencucinya di mesin cuci. Hal ini terjadi karena pasangan kaus kaki terpisah di dalam mesin cuci, sehingga saat sudah dicuci, keberadaannya tercampur dengan cucian lainnya, hingga akhirnya menghilang.

Salah satu kunci untuk mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan menjepit bersama tiap pasang kaus kaki sesaat sebelum dimasukkan mesin cuci, sehingga kaus kaki tidak tercecer dan tetap menyatu setelah dicuci.

5. Dompet

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Tidak ada orang yang menginginkan dompetnya hilang. Hindari menenteng-nenteng dompet agar tidak teledor saat meletakkannya. Jika Anda termasuk orang yang sering melupakan dompet, akan lebih baik jika menggunakan dompet model wristlet yang bertali.

6. Pengikat dan penjepit rambut

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Permasalahan kehilangan barang yang satu ini cukup sering dialami oleh kaum hawa. Pengalaman pribadi saya adalah seberapa banyak pun pengikat dan penjepit rambut yang saya beli, pasti mereka akan hilang satu per satu. Karena bentuknya yang kecil, pernak-pernik rambut memang sangat mudah untuk hilang. Oleh karena itu, siapkan wadah kecil untuk menyimpan pernak-pernik rambut Anda di satu tempat sehingga lebih sulit untuk tercecer dan hilang.

7. Bolpoin

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Serupa dengan pengikat rambut, bolpoin adalah benda yang cukup sering kita beli berulang kali karena sering menghilangkannya. Meski sudah menyimpan beberapa bolpoin dalam tas, namun saat diminta untuk mengisi suatu formulir secara mendadak, entah bagaimana bolpoin dalam tas secara tiba-tiba sulit untuk ditemukan. Terkadang, kita juga lupa untuk menyimpan kembali bolpoin setelah meminjamkannya pada teman atau setelah memakainya.

Salah satu cara untuk menghindari hilangnya bolpoin adalah dengan memberi nama pada bolpoin, meski hal ini membuat bolpoin Anda tampak seperti alat tulis milik anak SD. Cara lainnya adalah dengan menciptakan kebiasaan tertentu terhadap cara Anda membawa bolpoin. Misalnya, membawa bolpoin dalam saku baju atau kotak pensil. Namun hati-hati, membawa bolpoin dalam saku kemeja berisiko mengotori kemeja kesayangan Anda!

8. Kartu ATM

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Entah sudah berapa kali saya mendengar teman-teman saya kehilangan kartu ATM karena tertinggal di mesin ATM atau menjatuhkannya di suatu tempat. Serupa dengan pernak-pernik rambut, kartu ATM memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga sangat mudah untuk terselip atau hilang.

Bagi para pelupa, Anda dapat mencegah hal ini terjadi dengan menempelkan sticky note atau kertas yang bertuliskan pesan dalam dompet Anda untuk mengembalikan kartu ATM pada tempatnya. Dengan demikian, Anda akan membaca pesan ini setiap membuka dompet. Anda juga dapat mencoba beberapa tips mengingat ini.

9. Kacamata

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Kacamata merupakan benda yang sering hilang karena tertinggal di musholla atau tempat-tempat lain. Hal ini dikarenakan kacamata yang diletakkan begitu saja tampak agak transparan, sehingga mudah terlewatkan dan terlupakan. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak pernah meletakkan kacamata di tempat selain dalam kotaknya, sehingga lebih mudah terlihat.

Jika suka, Anda juga dapat memilih bingkai kaca mata berwarna mencolok atau mengaitkan tali di kaca mata Anda agar tidak mudah melewatkan atau meninggalkan alat bantu penglihatan ini.

Leave a Reply
Aquila Klasik