Modest Style

7 tips sehat dan selamat berkendara dengan motor

,

Berkendara dengan roda dua? Pastikan Anda melakukan hal-hal ini. Oleh Beta Nisa.

1702 WP naik motor
AFP Photo / Sonny Tumbelaka

Sepeda motor merupakan pilihan utama saat ingin mencapai tempat tujuan dengan cepat, khususnya di saat macet melanda. Namun, dengan semakin meningkatnya kepemilikan dan penggunaan sepeda motor, apakah hal tersebut sudah turut diimbangi dengan pemahaman atas prinsip-prinsip berkendara yang aman? Simak beberapa tips berikut agar keselamatan Anda ketika berkendara dengan motor terjaga:

1. Pasang spion di kedua sisi

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin berkendara aman dengan sepeda motor adalah memastikan kelengkapan kendaraan sesuai dengan standar keselamatan. Salah satu yang terpenting adalah memasang spion pada kedua sisi sepeda motor. Benda ini bukan hanya akan membantu Anda bermanuver saat berkendara di jalanan, namun juga dapat membantu menghindarkan Anda dari kecelakaan.

2. Jangan menggunakan telepon genggam ketika berkendara

Mengendarai sepeda motor membutuhkan konsentrasi penuh karena keseimbangan motor bergantung pada keseimbangan pengendara. Oleh karena itu, jangan menggunakan telepon genggam sangat mengendarai motor karena pasti konsentrasi Anda akan terganggu.

Tercatat sudah banyak kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan telepon genggam saat berkendara. Apabila Anda harus menggunakan telepon genggam untuk urusan yang mendesak, lebih baik Anda berhenti sejenak di pinggir jalan daripada membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain.

3. Jangan berkendara melawan arah

Alih-alih mencari tempat berputar, banyak pengendara motor yang lebih memilih untuk melawan arah demi mencapai tempat tujuan dengan lebih cepat. Padahal di balik efisiensi waktu tersebut, ada nyawa yang sedang dipertaruhkan. Berkendara melawan arah tidak hanya melanggar hukum, namun juga berpotensi dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal. Lebih baik Anda mengambil jalur berputar yang jauh meskipun memakan waktu daripada menghadapi resiko kecelakaan yang berbahaya.

4. Kenakan helm

Standar berkendara lainyang tidak boleh dilupakan adalah untuk selalu menggunakan helm, bahkan untuk perjalanan jarak dekat. Helm tidak hanya berguna untuk melindungi kepala dari benturan ketika kecelakaan terjadi, namun penggunaan helm juga berguna untuk melindungi mata dari berbagai kotoran dan debu yang dapat menganggu pandangan saat berkendara.

5. Kenakan masker

Penggunaan masker sangat diperlukan saat berkendara dengan motor untuk melindungi sistem pernafasan dari asap dan debu yang mungkin mengandung bahan-bahan kimia beracun. Paparan debu dan asap dalam jangka panjang dapat memengaruhi dan menganggu kesehatan sistem pernafasan. Virus dan bakteri juga terdapat di udara sehingga penggunaan masker dapat menjadi tindakan pencegahan awal dari penularan berbagai macam penyakit.

6. Selalu sedia jas hujan

Ada baiknya untuk selalu menyimpan satu pasang jas hujan di dalam jok motor Anda. Anda akan merasa sangat terbantu oleh kehadirannya saat tiba-tiba hujan turun. Meski jas hujan tidak menjamin perlindungan terhadap air seratus persen, namun setidaknya jas hujan dapat melindungi barang-barang penting yang Anda agar tetap kering.

7. Berpakaian nyaman

Salah satu hal yang terkadang luput dari perhatian kita adalah kenyamanan pakaian saat berkendara menggunakan motor. Pilihan terbaik saat berkendara dengan kendaraan beroda dua adalah pakaian jaket dan celana. Apabila Anda harus mengenakan rok panjang, pastikan Anda berhati-hati dan rok berada jauh dari jangkauan roda dan jeruji motor.

Baca juga tips mengendarai motor untuk Muslimah berhijab.

Leave a Reply
<Modest Style