Modest Style

6 pilihan bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga

,

Tanpa harus meninggalkan anak, ibu rumah tangga juga bisa memiliki penghasilan sendiri. Oleh Khairina Nasution.

Gambar: Dreamstime
Gambar: Dreamstime

Bagi banyak perempuan, menjadi ibu rumah tangga kini bukan lagi sebuah keharusan, melainkan pilihan yang dilakukan dengan sadar. Banyak perempuan yang memilih melepas pekerjaannya meski telah menduduki posisi yang tinggi di kantor karena pertimbangan mengurus keluarga.

Lagipula, meskipun harus mengurus keluarga, para ibu rumah tangga kini tidak harus kehilangan penghasilan. Mereka dapat bekerja dari rumah – dan sering kali bahkan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar dibandingkan saat mereka masih bekerja di kantor.

Anda yang ingin mendapat penghasilan dari rumah mungkin bisa mencoba beberapa pilihan pekerjaan di bawah ini:

1. Menjadi penulis

Menjadi penulis kini menjadi profesi yang banyak diminati ibu rumah tangga. Banyak alasan kenapa profesi ini diminati.Salah satunya adalah karena penulis bisa mengatur sendiri waktu pekerjaannya, sehinggatidak harus mengganggu urusan anak dan rumah tangga.

Penulis pemula bisa memulai dari menulis artikel, resensi, atau cerita pendek yang dikirimkan ke berbagai media. Beberapa kenalan saya bahkan bisa menghasilkan puluhan buku, yang mereka tulisdi sela-sela waktu mengurus keluarga.

Keuntungan menjadi penulis, selain mengasah otak dan kemampuan menulis, juga karena bidang ini tidak membutuhkan modal besar. Penulis hanya butuh komputer, jaringan internet, dan banyak referensi – yang kini dapat dengan mudah diperoleh dari dunia maya.

2. Membuka les privat

Membuka usaha les pelajaran atau bahasa untuk anak-anak juga banyak dilakukan ibu rumah tangga. Dengan sedikit kemampuan mendidik dan mengajar, ibu rumah tangga bisa meluangkan waktu memberi les privat bagi anak-anak – mungkin di siang atau sore hari.

Keuntungan membuka usaha ini adalah karena anak dapat ikut belajar bersama siswa yang diajar les di rumah,anak pun ikut menyerap ilmu, sekaligus bermain bersama banyak teman.

3. Membuka usaha kos

Tempat tinggal yang strategis dan luas cocok dijadikan tempat kos. Dengan menyewakan sejumlah kamar, ibu rumah tangga dapat memperoleh penghasilan tambahan.

Namun, kehadiran orang lain di rumah seringkali menimbulkan kerepotan sendiri; tidak hanya karena ibu kos harus ikut bertanggung jawab terhadap anak kos, namun menerima orang lain di rumah juga mengakibatkan berkurangnya privasi bagi anggota rumah tangga.

4. Berjualan produk secara online

Banyak ibu rumah tangga membuka toko online dengan memanfaatkan gadget dan komputer yang tersedia di rumah. Barang-barang yang dijual bisa didapat dengan cara produksi sendiri atau membeli dari tempat lain.

Bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki dana berlebih, kini sistem berjualan dengan sistem dropship sedang menjamur. Artinya, kita cukup memajang produk salah satu toko atau produsen, nanti toko atau produsen tersebut yang mengirim barangnya ke konsumen. Penjual mendapat untung dari selisih harga yang ia tawarkan ke konsumen.

5. Katering dan membuat kue

Usaha katering banyak dipilih oleh kaum ibu yang biasanya jago memasak. Untuk memulai usaha ini, mulailah dari skala kecil. Sebab, usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit dan jaringan yang kuat.

Seorang kenalan saya mengawali usahanya dari membuat pesanan kue untuk arisan ibu-ibu di kompleksnya. Usahanya berkembang sehingga sekarang dia kerap menerima pesanan dari berbagai kalangan, mulai dari acara mahasiswa hingga pesanan dari katering lain yang sudah kewalahan menerima pesanan.

Teman saya yang lain mengkhususkan diri pada pesanan kue ulang tahun. Dari mulut ke mulut, usahanya berkembang sehingga dia kini repot menerima pesanan.

6. Kerajinan/handicraft

Aneka kerajinan seperti quilting, sulam, perca, dan sebagainya bisa dibuat di rumah. Pasar untuk produk ini sangat luas karena berbagai perhelatan seperti pernikahan dan acara resmi lainnya membutuhkan hiasan. Tidak hanya memperoleh pendapatan dari pembuatan kerajinan, kini banyak kaum ibu yang terampil juga membuka kursus membuat kerajinan di rumah mereka.

Baca juga: Plus minus bekerja di rumah dan Tips menulis e-mail bagi pengusaha rumahan

Leave a Reply
<Modest Style