5 ide berhemat di tanggal tua

,

Hindarkan diri Anda dari berhutang saat akhir bulan dengan ide-ide berikut. Dibagi oleh Miranti Cahyaningtyas.

Gambar: Photl
Gambar: Photl

Bagaimana caranya berhemat saat tanggal tua?

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memastikan kita tetap hidup layak dan tidak berhutang sana-sini saat akhir bulan mendekat. Berikut beberapa di antaranya:

Berhenti makan siang di luar dan mulai bangun lebih pagi untuk menyiapkan bekal makan siang. Jika tidak sempat sarapan di rumah, maka bawa juga jatah sarapan Anda untuk dimakan setibanya di kantor atau sekolah. Selain itu, biasakan membawa minum air mineral dari rumah dan membuat sendiri kopi atau teh Anda daripada membeli di kafe atau kantin.

Lebih selektif menerima ajakan jalan-jalan dari teman dan saudara. Ajakan makan bersama atau sekadar menonton bioskop umumnya berujung pada pengeluaran tambahan, mulai dari pengeluaran “minum kopi” hingga godaan naik taksi karena kelelahan naik angkutan umum. Jangan lupa untuk menolak ajakan dengan baik-baik tentunya. Kalau perlu, jelaskan kondisi Anda.

Salah satu pengecualian dalam hal ini adalah jika teman atau saudara Anda mungkin tinggal di lain kota dan kebetulan sedang ada di kota, atau jika mereka akan pindah ke tempat jauh dalam waktu dekat sehingga Anda tidak akan bertemu mereka dalam waktu lama.

Disiplinkan mata dan hati saat melihat iklan diskon atau barang baru dari label favorit Anda. Hidup Anda masih akan terus berjalan terlepas dari apakah Anda mendapat barang tersebut atau tidak.

Catat rincian status keuangan Anda saat ini. Jangan mulai dengan berapa gaji yang Anda terima setiap bulannya, namun berapa sisa uang Anda yang memang Anda miliki saat ini. Catat juga hutang Anda, jika ada. Alokasikan uang yang ada minus alokasi pelunasan hutang untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak peduli betapa kecilnya, jika kebutuhan dasar dan kebutuhan utama Anda masih tertutupi, Anda patut bersyukur dan mematuhi anggaran yang tersedia hingga waktu gajian berikut.

Minta bantuan orang-orang terdekat untuk mengingatkan Anda untuk berhemat.

Selain berbagai gagasan di atas, adakah hal lain yang Anda lakukan untuk berhemat di tanggal tua? Jangan ragu untuk membagikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah.

Leave a Reply
Aquila Klasik